Menteri Agama Puji Toleransi Tinggi di Kota Ini…

News / 24 August 2022

Kalangan Sendiri

Menteri Agama Puji Toleransi Tinggi di Kota Ini…

Lori Official Writer
709

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memuji toleransi di Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Dia menilai jika moderasi beragama masyarakat di Toba menjadi cerminan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Hal ini ia sampaikan dalam pertemuan dengan tokoh-tokoh agama dan pejabat setempat di Aula SMA Unggul Del, Kabupaten Toba pada Jumat, 19 Agustus 2022.

“Nyatanya selama ini tidak ada hal-hal yang mengganggu kerukunan umat beragama di tanah Toba. Moderasi beragama bagi masyarakat Toba sudah mengalir dalam jiwa dan darahnya. Jadi moderasi beragama di Toba tidak perlu lagi dikuatkan seperti tema pertemuan kita yaitu penguatan moderasi beragama,” ungkap Menag Yaqut.

 

Baca Juga: Kepala Sekolah Ini Lestarikan Toleransi Dengan Bangun 3 Rumah Ibadah di Sekolah

 

Tingginya toleransi ini, kata Menag Yaqut, tidak terlepas dari kepemimpinan dari Bupati Toba Poltak Sitorus. “Situasi keagamaan dan sosial khususnya di Kabupaten Toba di bawah kepemimpinan Bupati Toba Poltak Sitorus akan tetap baik-baik saja dan menjadi cerminan kerukunan di Indonesia. Terima kasih Bapak Bupati,” ungkapnya.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Toba Poltak Sitorus, Kanwil Kemenag Sumut Amri Siregar, rector IT Dell, Rektor IAKN Tarutung, FKUB Kabupaten Toba, Kakankemenag dari 33 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, secara khusus menggelar prosesi adat mangulosi Menag Yaqut Cholil Qoumas, sebagai bentuk penghormatan dan tanda terima kasih masyarakat Toba.

Sementara Bupati Toba Poltak Sitorus juga berterima kasih kepada Menag Yaqut karena dengan kehadirannya diharapkan bisa memotivasi Kabupaten Toba untuk terus menjaga kerukunan umat beragama.

“Indonesia bangsa majemuk namun disatukan oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika yang menghormati perbedaan. Di tengah keberagaman masyarakat Toba selalu menjaga kerukunan yang didukung oleh tokoh agama. Kami mengharapkan ada penambahan tenaga guru agama di sekolah yang ada di Kabupaten Toba,” jelasnya.

 

Baca Juga: Salah Satu Kota di Sulut Ini Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran Loh!

 

Menurutnya, kerukunan umat beragama adalah modal utama dalam pembangunan. “Atas nama pemerintah Kabupaten Toba kami merasa terhormat dan bangga atas kedatangan Bapak Menteri di tanah Toba,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di tahun 2021 lalu pemerintah menetapkan 10 kota paling toleransi di Indonesia diantaranya Singkawang, Manado, Salatiga, Kupang, Tomohon, Magelang, Ambon, Bekasi, Surakarta dan Kediri.

Sumber : Kemenag.go.id
Halaman :
1

Ikuti Kami