6 Tanggung Jawab yang Harus Anda Lakukan Lewat Pekerjaan Menurut Alkitab
Sumber: Glints

Finance / 16 August 2022

Kalangan Sendiri

6 Tanggung Jawab yang Harus Anda Lakukan Lewat Pekerjaan Menurut Alkitab

Lori Official Writer
7794

Berada di dunia kerja, apakah Anda sudah membuat perbedaan lewat pekerjaan Anda?

Sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk bisa menjadi teladan bagi banyak orang, mungkin bagi rekan kerja, bagi bawahan maupun bagi mitra kerja.

Tuhan sangat peduli dengan bagaimana kita bekerja. Apapun posisi kita di kantor, entah sebagai Office Boy, staff atau bahkan pemimpin, Tuhan mau kita setia melalui posisi tersebut. Kita dituntut untuk menghidupi nilai-nilai kebenaran firman Tuhan di tempat kerja setiap hari, sekalipun banyak yang menganggap kita aneh. Tetapi percayalah bahwa itu adalah satu-satunya cara Anda mempertanggungjawabkan pekerjaan Anda kepada Tuhan.

 

1. Kasihi Tuhan dan Orang di Sekitar Anda

Yesus memanggil kita untuk mengasihi Dia dengan segenap hati, akal budi dan kekuatan kita. Kita harus mengasihi Tuhan lebih dulu lewat apa yang kita punya dan kita lakukan.

Selain itu, kita juga harus mengasihi orang lain. Orang lain dalam hal ini bisa tentang rekan sekerja Anda, atasan Anda, klien Anda atau bahkan konsumen Anda. Kasih kita kepada Tuhan harus tercermin dari cara kita memperlakukan orang lain. Mintalah Tuhan untuk menunjukkan cara-Nya memandang orang lain, memandang segala sesuatu dari sudut pandang orang lain dan mendahulukan kepentingan orang lain.

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.” (Markus 12: 30-32)

 

Baca Juga: 6 Cara Tuhan Memakai Hidup Anda Melalui Pekerjaan Saat Ini

 

2. Selalu Berlaku Jujur

Kejujuran adalah sesuatu yang sudah sangat langka ditemukan di zaman ini. Itu sebabnya kejujuran adalah sesuatu yang mahal harganya. 

Di 2 Raja-raja kita melihat kejujuran dari para pekerja yang membangun kembali bait Allah. Karena kejujuran mereka, mereka mendapatkan kepercayaan. 

Di dunia kerja, kejujuran sangat dibutuhkan untuk membangun tim yang solid dan terbuka. Karena kejujuran menjadi salah satu bentuk kedekatan hubungan antar dua atau lebih orang. Di mana ada kejujuran maka pekerjaan sesulit atau seberat apapun akan bisa diselesaikan bersama.

“Tetapi untuk rumah TUHAN tidaklah dibuat pasu perak, pisau, bokor penyiraman, nafiri, atau sesuatu perkakas emas dan perak dari uang yang telah dibawa ke dalam rumah TUHAN itu. Melainkan mereka menyerahkannya kepada para pekerja, supaya dipakai memperbaiki rumah TUHAN. Mereka kemudian tidak mengadakan perhitungan dengan orang-orang yang diserahi uang itu untuk memberikannya kepada tukang-tukang, sebab mereka bekerja dengan jujur.” (2 Raja-raja 12: 13-15)

 

3. Hidup Dengan Integritas

Menjadi orang yang berintegritas itu sangat penting. Hal ini penting sekali kita miliki ketika kita bekerja. 

Seseorang yang menghidupi integritas dalam hidupnya tentu saja mengenali siapa dirinya. Karena itu dia selalu bertindak dan berperilaku karena itu sudah menjadi bagian dari dirinya. 

Dalam Ayub 2, Tuhan memuji Ayub karena bertahan dalam integritas meskipun kondisinya tidak menyenangkan.

Dalam 1 Tawarikh, kita bisa melihat bahwa upah integritas itu besar, mulai dari ganjaran kelimpahan dan kemenangan di tengah peperangan. 

 

Baca Juga: Mau Muliakan Tuhan Dalam Pekerjaan? Simak 7 Ayat Ini

 

Mari menjadi para pekerja yang berkenan kepada hati Tuhan dengan tetap berintergritas. Kita bisa melakukannya saat kita diperhadapkan dengan masalah di kantor, bagaimana kita berhubungan dengan mitra kerja, bagaimana kita menggunakan waktu bekerja di kantor dan bagaimana kita tidak kompromi dengan hal-hal bertentangan dengan nilai-nilai kebenaran.

“Berbahagialah orang-orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat TUHAN. (Mazmur 119: 1)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

4. Bertindak Adil, Berbelas Kasihan dan Rendah Hati

Salah satu ayat yang paling banyak dikutip dalam Perjanjian Lama adalah Mikha 6: 8 yaitu supaya kita berbuat adil, berbelas kasihan dan hidup dengan rendah hari di hadapan Allah. 

Inilah yang Tuhan mau kita lakukan, bahkan di dunia kerja yang kejam dan kompetitif. 

Kita dituntut untuk memberi pujian pada saat yang tepat dan proaktif di dalam menanggapi persoalan yang muncul adalah tindakan praktis yang bsia kita lakukan. 

Untuk menghidupi tiga nilai ini, kita harus hidup di dalam Tuhan. Kita perlu meminta tuntunan tuhan dalam hidup kita setiap hari. Kita perlu mempercayakan pekerjaan dan masa depan kita ke dalam tangan-Nya dan bersedia mengambil risiko sekalipun harus gagal.

“Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?” (Mikha 6: 8)

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Buat Panduan Raih Kesuksesan

 

5. Bersedia Mengampuni

Kita harus bersedia untuk mengampuni orang lain, sebagaimana kita diampuni. Kita semua perlu mencari pengampunan dari Tuhan dan orang lain. Tak satupun dari kita yang sempurna. 

Jadi mari mencerminkan kasih-Nya dengan memaafkan rekan-rekan sekerja kita yang menyakiti atau bahkan mencoba menjatuhkan kita.

“dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami.” (Matius 6: 12)

 

6. Sabar, murah hari, setia dan menguasai diri

Orang percaya harus menghasilkan buah dalam hidupnya. Di dunia kerja, kita harus menjadi orang yang berbeda dari rekan sekerja yang lain. Kita menjadi pribadi yang sabar, murah hati, setia dan memiliki penguasaan diri terhadap apapun. 

Kita hanya bisa memiliki semua nilai ini ketika kita mengandalkan Roh Kudus untuk memperlengkapi dan membimbing kita.

"Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu." (Galatia 5: 22-23)

Saat ini, ambil satu menit untuk merenungkan kembali bagaimana cara Anda bekerja di kantor. Apakah sudah mencerminkan semua nilai yang disebutkan di atas?

Jika Anda memiliki masalah yang cukup berat saat ini terkait pekerjaan atau hubungan Anda dengan rekan kerja, atasan ataupun mitra kerja Anda, silahkan dapatkan dukungan doa lewat konseling Sahabat 24 kami dengan menghubungi di Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini: https://bit.ly/ButuhDukunganDoa

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami