Suka Sakit Kepala Setelah Kena Panas? Jangan Langsung Minum Obat, Coba Cara Ini

Health / 11 August 2022

Kalangan Sendiri

Suka Sakit Kepala Setelah Kena Panas? Jangan Langsung Minum Obat, Coba Cara Ini

Claudia Jessica Official Writer
621

Pernah gak sih, setelah kena paparan sinar matahari lalu Anda merasa sakit kepala? Kenapa hal ini bisa terjadi ya?

Mengutip dari kompas.com, seorang Dokter Spesialis Saraf menjelaskan peristiwa ini bisa terjadi karena organ di dalam kepala atau sekitarnya terkena dampak dari matahari. Salah satunya adalah pembuluh darah yang sensitif.

Ketika terpapar sinar matahari, pembuluh darah dapat mengalami dilatasi atau pelebaran. Maka dari itu tubuh meresponnya dengan sakit kepala.

Ada dua tanda yang perlu kita waspadai yaitu jika sakit kepala terlalu hebat, atau jika hal ini terjadi dalam waktu berkepanjangan.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan apabila sakit kepala terjadi akibat olahraga dan aktivitas fisik yang terlalu berat, atau kombinasi olahraga dan paparan sinar matahari.

Ada juga faktor lain yang dapat menyebabkan sakit kepala, misalnya perut kosong, dehidrasi, atau kurang tidur di malam hari sebelumnya.

Alih-alih bergantung kepada obat, cobalah beberapa cara di bawah ini untuk meredakan sakit kepala Anda.

 

1. Perbanyak minum air putih

Berada di lingkungan panas dan terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan dehidrasi yang memperparah nyeri kepala. Maka dari itu, bawalah air dan pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mengencerkan darah yang mengental akibat kekurangan cairan.

Darah yang mengental akan memberikan tekanan lebih besar pada pembuluh darah, hal ini adalah salah satu penyebab sakit kepada. Perlu diingat, jangan minum air dingin atau air es setelah berada di bawah panas matahari karena perubahan suhu tubuh yang terlalu ekstrim dapat membuat sakitnya semakin parah.

Jika terlanjur mengalami dehidrasi, konsumsilah minuman yang mengandung elektrolit agar cairan tubuh cepat kembali.

 

BACA JUGA: Ini Sebabnya Kenapa Ponsel Bisa Bikin Mata dan Kepala Sakit, Pernah Ngalamin Gak?

 

2. Cuci muka dengan air dingin

Ketika Anda memiliki kegiatan diluar ruangan dalam waktu yang lama, hentikan sementara kegiatan Anda saat merasa mulai pusing dan cari air untuk mencuci muka. Hal ini bertujuan untuk menurunkan temperatur tubuh yang naik karena paparan sinar matahari.

Saat mencuci muka, pastikan Anda juga membasuh bagian leher dan tengkuk yang mana merupakan tempat yang sering terjadi kekakuan otot. Otot kaku di sekitar kepada dan leher juga bisa menjadi pemicu sakit kepala sekalipun tidak terpapar panas matahari.

 

3. Konsumsi kafein

Kopi, the, dan soda adalah sumber kafein yang bisa membantu meredakan sakit kepala karena efeknya mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan demikian, sakit kepala pun bisa berkurang.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, pastikan minuman Anda tidak mengandung banyak gula karena terlalu banyak glukosa juga dapat membuat nyeri bertahan lama. Minuman berkafein tidak direkomendasikan untuk diminum sore hari mengingat efeknya yang membuat kita jadi susah tidur.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami