Hidup Bukanlah Sandiwara, Tetapi Bersedia Meneladani Kristus dengan Sepenuh Hati
Kalangan Sendiri

Hidup Bukanlah Sandiwara, Tetapi Bersedia Meneladani Kristus dengan Sepenuh Hati

Samuel Agus Santoso Contributor
      845

Ayat Alkitab dari Roma 13: 12-14

Roma 13: 14

Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

 

Bacaan setahun : Mazmur 40; 1 Timotius 4; Yesaya 33-34 

Sahabat, tentu Anda mengenal aktor berbadan kekar yang terkenal sebagai tokoh Rambo atau Rocky. Ya! Dia adalah Sylvester Gardenzio Stallone, seorang pemeran, penulis skenario, sutradara, dan produser Amerika. Sebagai seorang aktor, dia dipuji karena keberhasilannya dalam memerankan tokoh-tokoh perkasa. Misalnya dalam film Rocky. Dia digambarkan sebagai petinju yang diunggulkan dan dapat melawan banyak lawan secara brutal, sampai memenangkan world heavy weight championship dua kali.

Dalam memainkan perannya, Stallone memang luar biasa. Namun bagaimana sebenarnya kehidupan pribadinya? Dalam sebuah wawancara, dengan jujur ia mengaku, seandainya dirinya menonton film tentang kehidupan nyata pribadinya, dia akan geleng-geleng kepala karena putus asa dan heran. Sebab ia merasa hidupnya bagaikan film komedi kesalahan. Kita tidak menduga jika Stallone sendiri mengakui bahwa peran yang dia mainkan dalam film-filmya adalah sandiwara atau pura-pura semata.

Sahabat, menjadi pengikut Kristus bukanlah sandiwara, melainkan kehidupan yang benar-benar meninggalkan perbuatan kegelapan. Bagaimana caranya? Firman Tuhan dalam Roma 13: 12-14 mengajarkan kita harus mengenakan Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan jangan merawat tubuh kita untuk memuaskan keinginannya.

Artinya kita harus menjadi satu dan berada di pihak Kristus, sehingga kita meniru hidup-Nya sebagai pola kehidupan kita. Kita memakai prinsip-prinsip kebenaran Kristus dan menaati perintah-perintah-Nya hingga menjadi seperti Dia. Kehidupan kita yang lama sudah berlalu, digantikan oleh kehidupan Kristus. Tidak ada lagi pura-pura atau sandiwara. Tidak lagi hidup dalam percabulan, hawa nafsu, perselisihan atau iri hati. Semuanya terang benderang di dalam Kristus.

Sahabat, jika kita sadar hidup ini singkat, maka jangan sia-siakan hidup ini dengan pura-pura atau sandiwara. Mari mengambil keputusan untuk menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang. Bersama Yesus pasti bisa. Amin.

Ikuti Kami