Seperti Dalam Lagu ‘Dunia Tipu-Tipu’, Sudahkah Parents Jadi Bestie Buat Anak?

Relationship / 1 August 2022

Kalangan Sendiri

Seperti Dalam Lagu ‘Dunia Tipu-Tipu’, Sudahkah Parents Jadi Bestie Buat Anak?

Lori Official Writer
720

Sudah nonton video klip lagu Yura Yunita yang ‘Dunia Tipu-Tipu’ belum?

Sedikit gambaran ya, jadi lagu ini ceritanya menggambarkan soal siapa sih sosok yang paling buat kita nyaman? Si yang paling bikin kita jadi diri sendiri, si yang paling tahu isi kepala kita dan si yang paling jadi tempat teraman buat nunjukin kelemahan dan kesedihan kita. 

Nah, di satu adegan di video klip ini ada bagian ayah dengan anak perempuannya dan ibu dengan anak laki-lakinya. Hanya dengan duduk diam tanpa kata, justru saat itu adalah momen paling bikin nangis. Di bagian inilah, orangtua dan anak digambarkan sebagai bestie terbaik dalam hidup.

 

Bagaimana sama parents? Sudahkah parents jadi bestie terbaik buat anak? 

Yuk cari tahu apa yang sebenarnya perlu kita tahu soal hubungan orang tua dan anak.

 

Anak Hanya Butuh Figur Ayah dan Ibu

Anak butuh sosok ayah dan ibu yang setia menemani mereka untuk bertumbuh dengan baik. 

Namun pada intinya adalah orang tua perlu memposisikan diri sebagai pengasuh anak yang menggambarkan kasih Tuhan. Tuhan Yesus sendiri menikmati momen bersama dengan anak-anak dimana Dia seolah memposisikan diri sebagai sahabat atau teman yang baik bagi mereka.

Untuk menjadi seperti itu, parents perlu membangun hubungan yang baik dengan Tuhan, kemudian kepada pasangan sampai maut memisahkan, lalu bersama-sama (suami istri) berkomitmen mendidik anak dan menjadi sahabat terbaik buat anak.

Jangan biarkan anak mencari sosok lain yang membuat mereka menjadi diri mereka sendiri di luar sana. Tetapi jadilah ayah dan ibu yang jadi bestie, yang jadi orang kepercayaan dan orang paling bisa membuat anak terbuka dan meluapkan emosi, kegagalan dan kelemahan mereka.

2 Alasan Kenapa Orang Tua Harus Jadi Bestie Terbaik Buat Anak.

1. Itu adalah hal yang alkitabiah

Ada banyak orang tua yang masih mengadopsi perkataan-perkataan seperti:

  • Anak harus dididik dengan keras
  • Anak tidak perlu disayang-sayang
  • Anak perlu diarahkan kepada tujuan yang benar
  • Orangtua adalah otoritas tertinggi anak

Semua perkataan di atas hanya akan membuat anak kehilangan kedekatan dengan orang tua. Didikan yang keras dan kasar hanya akan membuat anak menjadi pribadi yang traumatis dan kehilangan kasih sayang seperti yang Yesus miliki melalui orang tuanya. 

Pola didik seperti ini kebanyakan menghasilkan anak yang berontak dan kehilangan koneksi dengan orang tua.

Jadi, parents perlu merasakan lebih dulu kasih Tuhan dalam hidupnya. Supaya parents bisa membangun hubungan yang sama dengan anak-anak.

“Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran." Karena itu Abraham disebut: "Sahabat Allah.”” (Yakobus 2: 23)

 

2. Proses untuk mengajarkan kasih ke anak

Jadi bestie bagi anak akan membantu anak untuk mengenal kasih Tuhan. Karena itu parents perlu melakukan tindakan-tindakan ini.

  • Mengasihi
  • Mendukung
  • Memahami
  • Memaafkan
  • Mempercayai
  • Mendengarkan
  • Membagikan dan
  • Mendorong 

Hal-hal ini akan membangun rasa percaya dan aman anak terhadap ayah dan ibunya.

Nah, buat parents yang ada di rumah mau gak jadi bestie-nya anak Anda? Jadi di bulan Agustus 2022 ini, kita akan adakan lomba Church Talent Festival nih buat anak dan remaja hingga usia 14 tahun (khususnya gereja mitra CBN Indonesia).

Kali ini, parents bisa kasih dukungan ke anak untuk menggali potensinya dengan ikutan lomba di empat kategori perlombaan, diantaranya MUSIK, DANCE, VOCAL dan STORY TELLING. Buat yang minat langsung daftar ke link di bawah ya.

 

CHURCH TALENT FESTIVAL

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami