Begini Gejala Penyempitan Sumsum Tulang Belakang yang Dialami Ruben Onsu

Health / 27 July 2022

Kalangan Sendiri

Begini Gejala Penyempitan Sumsum Tulang Belakang yang Dialami Ruben Onsu

Lori Official Writer
391

Spinal stenosis atau penyempitan sumsum tulang belakang merupakan kondisi terjadinya penyempitan di salah satu atau lebih ruang di dalam tulang belakang, sehingga saraf teriritasi, tertekan atau terjepit dan membuat bagian punggung sakit dan linu panggul.

Stenosis tulang belakang ini paling sering terjadi di punggung bagian bawah dan juga leher. Hal inilah yang dialami oleh presenter kondang Ruben Onsu belakangan ini. Dia didiagnosa menderita stenosis tulang belakang setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di Singapura. 

“Akhirnya kemarin ada salah satu yang dikasih sama dokter adanya penyempitan sumsum tulang belakang yang di mana darahnya jadi kayak kegencet gitu, jadi tidak berproduksi,” ungkap Ruben.

 

Penyebab Stenosis Tulang Belakang

Penyebab utama dari penyempitan sumsum tulang belakang ini adalah adanya perubahan keausan pada tulang belakang yang terkait dengan osteoarthritis. 

Namun untuk beberapa kasus lainnya, penyempitan sumsum tulang belakang ini bisa disebabkan oleh:

1. Herniasi bantalan tulang belakang

Seiring bertambahnya usia, dinding dari bantalan tulang belakang akan semakin melemah. Seiring waktu, bantalan tulang belakang akan mulai menonjol sehingga menekan saraf tulang belakang.

 

Baca Juga: Kelumpuhan Bawa Joni Aereckson Alami Penyertaan Tuhan

 

2. Penebalan ligamen

Ligamen adalah pita serat yang menyatukan tulang belakang. Iritasi bisa menyebabkan ligament menebal dari waktu ke waktu dan menyebabkan tonjolan ke dalam bagian saraf tulang belakang.

 

3. Cedera tulang belakang

Terkilir atau jatuh bisa menyebabkan peradangan pada bagian sumsum tulang belakang. Akibatnya, rasa nyeri menyebabkan tekanan pada saraf tulang belakang.

 

4. Kista atau tumor sumsum tulang belakang

Tonjolan atua tumor yang tumbuh di bagian sumsum tulang belakang bisa mempersempit ruang dan memberi tekanan di sumsum tulang belakang dan bagian saraf.

 

Baca Juga: Meski Patah Tulang Belakang, Laura Aurelia Dinda Justru Bisa Raih Juara Dunia

 

5. Penyempitan tulang belakang bawaan

Ini adalah suatu kondisi dimana seseorang memang dilahirkan dengan bentuk sumsum tulang belakang yang kecil. Kondisi ini rentan menyebabkan seseorang mengalami stenosis tulang belakang.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami