Kerjaan Membludak? Intip 21 Cara Mengatasi Overwhelmed di Tempat Kerja
Sumber: vecteezy

Finance / 26 July 2022

Kalangan Sendiri

Kerjaan Membludak? Intip 21 Cara Mengatasi Overwhelmed di Tempat Kerja

Lori Official Writer
2903

Deadline terus mengejar dan butuh segera diselesaikan. Sementara kerja lain juga sudah menunggu. Sampai akhirnya Anda mulai merasa overwhelmed (kewalahan) karena tak punya waktu luang untuk menjernihkan pikiran. 

Karena semua pekerjaan harus diselesaikan dengan deadline waktu yang berdekatan, Andapun mulai diserang kepanikan setiap hari. Waktu untuk menarik napas dan tenang pun seolah mustahil. 

Jika Anda membiarkan hal ini terjadi berulang-ulang setiap hari, maka bisa dipastikan bukan saja produktivitas Anda yang terancam memburuk tetapi kondisi kesehatan mental Anda juga akan terganggu. Kurang istirahat karena terlalu overthinking soal pekerjaan bisa jadi salah satu indikasinya.

Jika Anda tidak ingin mengalami situasi ini setiap hari, mungkin Anda butuh 21 cara mengatasi overwhelmed ini di tempat kerja.

 

Tambahkan 60 menit setiap hari

Untuk menambahkan waktu 60 menit setiap hari, Anda perlu melakukan 4 hal ini.

1. Setel alarm pagi. Saat alarm mulai berbunyi, segeralah bangkit dari tidur. Anda akan sangat menghemat waktu 9 menit jika tidak menunda.

2. Selalu bangun 15 menit lebih awal. Hal ini tidak akan membuat Anda kurang istirahat.

3. Ambil waktu istirahat selama 15 menit selama jam istirahat makan siang.

4. Pangkas kebiasaan scrolling sosial media selama 15 menit setiap hari.

Dengan melakukan 4 langkah di atas, Anda akan menghemat waktu 1 jam untuk membuat pikiran dan tubuh Anda lebih tenang dan sehat.

 

Mulai dengan disiplin sederhana

Beberapa kebiasaan mungkin sulit untuk diubah, tetapi cobalah melakukan 8 disiplin sederhana ini.

5. Luangkan waktu 15 menit untuk mampir ke kedai kopi, atau mengobrol dengan orang lain. Atau ambil waktu untuk menghilang sendirian selama 20-30 menit saja untuk menikmati hal baru di sekitar Anda.

6. Matikan notifikasi dari berbagai aplikasi di handphone Anda. Sebaliknya nyalakan alarm pengingat waktu supaya Anda lebih fokus mengerjakan pekerjaan sepanjang hari dengan minim gangguan.

7. Bekerjalah selama periode 50 menit yang cukup fokus. Setelah itu ambil jeda waktu selama 5 menit untuk beristirahat. Setelah itu mulai lagi untuk fokus bekerja dan ulangi metode yang sebelumnya. Dalam waktu 8-9 jam sehari, Anda pasti akan menyelesaikan pekerjaan dalam jumlah yang lebih besar.

8. Jika Anda memiliki waktu meeting, batasan hanya dalam waktu 55 menit saja. Hal ini akan sangat melatih konsistensi Anda terhadap waktu.

9. Jauhkan diri Anda dari jangkauan ponsel selama bekerja (jika bidang kerja Anda tidak melibatkan terlalu banyak aktivitas melalui ponsel). Sebaliknya, Anda bisa mengecek kembali ponsel Anda selama 30 detik setiap setiap kali jam waktu istirahat Anda selama 8 jam bekerja. Anda akan sangat menghemat sebanyak 25-30 menit waktu setiap hari jika melakukan langkah ini.

10. Bersihkan dan rapikan ruang kerja Anda. Hal ini mungkin akan memakan waktu selama beberapa menit. Namun penelitian membuktikan jika produktivitas kerja akan meningkat sebanyak 84% saat ruang kerja tertata rapi, wangi dan bersih.

11. Hindari bekerja secara multitasking. Sebaliknya, selesaikan pekerjaan satu per satu.

12. Atur jadwal kerja Anda. Tandai atau tulis pekerjaan apa saja yang perlu Anda selesaikan sesuai dengan deadline yang ada. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Christianjobs.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami