Fakta Alkitab: Irak, Negara yang sering Disebut di Alkitab Ini Adalah Lokasi Taman Eden?

Fakta Alkitab / 21 July 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Irak, Negara yang sering Disebut di Alkitab Ini Adalah Lokasi Taman Eden?

Claudia Jessica Official Writer
986

Tahukah Anda bahwa negara Irak sering kali disebutkan dalam Alkitab? Meski pada zaman dahulu negara ini belum disebut dengan nama Irak, tetapi nama-nama lain yang disebutkan seperti Babilonia, Kasdim, Tanah Sinear, Mesopotamia, dan masih banyak lagi.

Secara geografis, letak dari nama-nama kota di atas berada di Irak zaman modern. Apa saja fakta yang mengonfirmasi bahwa kota-kota tersebut berada di Irak zaman modern ini?

 

1. Taman Eden berada di Irak

Secara geografis, Taman Eden dikelilingi oleh empat sungai. Dua diantaranya adalah Sungai Efrat dan Sungai Tigris. Saat ini, negara yang dikelilingi oleh dua sungai tersebut adalah Mesopotamia alias Irak (Kej. 2: 10-14). Maka bisa dikatakan bahwa, Adam dan Hawa diciptakan di Irak.

 

2. Mesopotamia (Irak) adalah tempat lahirnya peradaban

Dalam Alkitab, salah satu tempat peradaban maju adalah Mesopotamia (Irak). Bahkan Daniel 1:1-2 menyebutkan ada kekaisaran yang berdiri di daerah ini.

“Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu mengepung kota itu. Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.”

 

3. Menara Babel berada di Irak

Menara Babel disebut terletak di tanah Sinear, yang secara Geografis berada di Irak. (Kejadian 11:1-4).

Artinya, Tuhan mengacaukan Bahasa manusia terjadi di Irak dan dari sanalah tersebar suku bangsa di seluruh dunia.

 

BACA JUGA: Fakta Alkitab: Benarkah Adam dan Hawa Berasal dari Iraq?

 

4. Abraham berasal dari Ur

Ur atau ur-kasdim berada di Irak Selatan (Kejadian 11:31, Kisah Para Rasul 7: 2-4).

 

5. Ribka, Istri Ishak berasal dari Nahor yang ada di Irak.

Tak hanya Ribka, istri Ishak yang berasal dari Nahor, Irak. Yakub bertemu dengan Rahel ketika dia bekerja dengan Laban pamannya, di daerah Padan Aram, Mesopotamia.

 

6. Yunus berkhotbah di Niniwe, Irak

Niniwe adalah kota kuno yang disebut kota luar biasa Agung dalam kitab Yunus. Niniwe terletak di tepian timur sungai Tigris sekaligus menjadi ibukota Kerajaan Assyria Purba. Situs purbakala ini terletak tepat di depan kota Mosul, provinsi, Ninawa, Irak.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami