Alami Infeksi Saluran Kemih, Apa Sih Bahayanya Bagi Kesehatan?
Sumber: Femina

Health / 29 July 2023

Kalangan Sendiri

Alami Infeksi Saluran Kemih, Apa Sih Bahayanya Bagi Kesehatan?

Lori Official Writer
4945

Penyebab ISK

Dokter selalu menyarankan supaya kaum wanita menjaga kebersihan bagian kemaluan, baik setelah buang air besar maupun kecil. Uretra atau saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh, merupakan bagian yang penting.

Bakteri dari usus besar, seperti E. Coli, kadang bisa keluar dari anus dan masuk ke saluran uretra. Bakteri inilah yang nantinya bisa masuk ke bagian kandung kemih dan menginfeksi ginjal. Namun kondisi kesehatan juga bisa menjadi penyebab ISK, termasuk perubahan hormon, multiple sclerosis, batu ginjal, stroke serta cedera tulang belakang.

 

Pemeriksaan dan Pengobatan ISK

Jika Anda ingin memastikan kondisi yang Anda alami adalah ISK, lakukanlah pemeriksaan medis lewat USG, CT Scan atau MRI Scan. Dari hasil pemeriksaan inilah Anda akan memastikan kondisi yang Anda alami.

 

Baca Juga: Jangan Buang Bagian Rambut Jagung Jika Ingin Dapatkan 7 Manfaat Ini…

 

Sementara jika ternyata Anda mengalami ISK, jangan panik! Ikuti instruksi dokter yang menangani Anda. Karena biasa pasien akan diberikan setidaknya antibiotik untuk mencegah infeksi. 

Berikut beberapa langkah pengobatan ISK:

1. Mengkonsumsi antibiotik dalam dosis rendah untuk pencegahan infeksi

2. Konsumsi antibiotik selama 1 atau 2 hari setiap kali gejala muncul

3. Lakukan perawatan profilaksis non-antibiotik

 

Cara Pencegahan ISK 

Jika Anda tidak ingin mengalami penyakit ini, ada baiknya untuk menjaga kebersihan bagian kemaluan dengan melakukan beberapa tindakan ini:

  • Jangan menunda untuk BAK dan pastikan untuk membuang urin seluruhnya.
  • Minum banyak air
  • Basuh bagian kemaluan dengan air mengalir setiap kali BAK
  • Hindari penggunaan pembersih genital beraroma.
  • Bersihkan area genital sebelum berhubungan intim.
  • BAK setelah berhubungan seks untuk membuang bakteri yang mungkin masuk ke area uretra.
  • Pastikan area genital tetap kering dan gunakan dalaman yang longgar. Jangan memaksa menggunakan celana jeans yang ketat dan sempit karena hal itu bisa menyebabkan kelembaban pada area genital sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri.

Perlu untuk diketahui bahwa ISK bukan penyakit yang tabu. Jadi jangan pernah merasa malu jika Anda sedang mengalami kondisi ini. Pastikan pula untuk segera melakukan penanganan medis sehingga infeksi yang lebih buruk bisa dicegah sedini mungkin.

Sumber : Webmd.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami