Meski Sudah Dewasa, Anak Perlu Hormati Orang Tua Dengan 10 Cara Ini
Sumber: boundless

Relationship / 18 July 2022

Kalangan Sendiri

Meski Sudah Dewasa, Anak Perlu Hormati Orang Tua Dengan 10 Cara Ini

Lori Official Writer
3105

Tumbuh dewasa, tinggal terpisah hingga sudah menikah, anak-anak biasanya mulai tidak lagi punya banyak waktu memperhatikan kondisi orang tua.

Sayangnya, kita lupa dengan perintah ke-5 dari 10 perintah Allah dimana setiap anak harus ‘menghormati ayah dan ibunya’.

Lalu bagaimana seharusnya anak-anak yang sudah tumbuh dewasa menghormati orang tua?

1. Tunjukkan rasa terima kasih

Ingatlah bahwa sampai berusia 18 tahun, kita masih jadi bagian dari tanggung jawab orang tua. Kita dilayani, diajarkan berbicara, berjalan sampai kita benar-benar mandiri.

Meski hal itu sudah menjadi tanggung jawab orang tua, namun sebagai anak kita patut berterima kasih. Karena tanpa mereka kita mungkin tak akan bisa seperti sekarang ini. Meski di sisi lain ada saja orang tua yang meninggalkan beragam rasa sakit dan kepahitan, kita sebagai anak perlu menyadari bahwa apapun yang kita alami tidak terlepas dari rencana Tuhan.

Jadi kita perlu bersyukur bahwa di tengah keluarga yang paling tidak menyenangkan sekalipun, Tuhan bisa memakainya untuk tujuan kebaikan. 

Jadi seburuk apapun orang tua kita, tetaplah menghormati mereka.

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8: 28)

 

Baca Juga: Sulitnya Ngurus Anak Setelah Beranjak Dewasa, Permudah Dengan 4 Langkah Ini Parents!

 

2. Sempatkan waktu buat ngobrol

Banyak ayat Alkitab yang bicara tentang pentingnya komunikasi dalam membangun hubungan. Tuhan mau kita punya hubungan yang mendalam dengan orang lain dan hal ini perlu kita mulai dengan kedua orang tua kita.

Tuhan memilih mereka ada di dalam hidup kita sebagai kesempatan bagi kita untuk membangun hubungan. Cara satu-satunya adalah dengan meluangkan waktu ngobrol. Mulailah dengan menghubungi mereka jika memang tinggal berjauhan. Atau jika sedang dekat, mulai ambil waktu duduk bersama, tanyakan bagaimana kondisi dan hari mereka. Tanyakan semua hal yang membuat mereka tertarik untuk bercerita. 

“Tetapi jika ada seorang yang tidak memeliharakan sanak saudaranya, apalagi seisi rumahnya, orang itu murtad dan lebih buruk dari orang yang tidak beriman.” (1 Timotius 5: 8)

 

3. Perlakukan orang tua dengan hormat

Menghormati orang tua artinya menempatkan nilai mereka jauh di atas dari nilai orang lain dalam hidup kita. Orang tua pantas menempati posisi sebagai orang yang berharga di dalam hidup kita.

Saat kita menunjukkan rasa jengkel dan melampiaskan kemarahan kita kepada orang tua, kita sedang tidak memperlakukan orang tua dengan benar. Saat kita menyimpan dendam, kepahitan dan kebencian terhadap orang tua kita, kita juga sedang menunjukkan hati yang keras. 

Kita harus tetap mengingat Efesus 6: 2, “Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini…”

 

4. Dengarkan nasihat orang tua

Saat berbicara dengan orang tua, kita juga perlu belajar untuk menjadi seorang pendengar. Mintalah saran mereka. Karena mereka akan merasa dihargai ketika anak-anaknya mau mendengar nasihat dari mereka. 

Tetapi hal ini kembali kepada latar belakang orang tua. Jika ternyata mereka bukan orang tua yang mau berbagi atau kurang mengayomi secara perilaku dan pemikiran, setidaknya tahan diri untuk tidak berargumen.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

“Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.” (Amsal 1: 8-9)

 

5. Doakan orang tua 

Cara lain untuk menghormati orang tua adalah dengan mendoakan mereka. Berdoalah untuk kesehatan, hubungan dan pekerjaan mereka jika mereka masih bekerja. Doakan juga supaya Tuhan senantiasa melindungi dan menjagai mereka kemanapun dan dimanapun mereka berada.

 

6. Berikan dukungan

Tetap mendukung orang tua, khususnya di masa-masa tua mereka akan menjadi hal yang paling dibutuhkan ayah dan ibu kita. 

Memberikan dukungan spiritual maupun jasmani akan membuat orang tua merasa dikasihi. Jadi dalam kondisi dan keadaan apapun orang tua kita saat ini, tetaplah ada untuk mereka.

“Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 25)

 

Baca Juga: Kapan Orangtua Bisa Bantu Keuangan Anak Dewasanya? Bijaklah Dalam Hal Ini...

 

7. Ampuni orang tua

Salah satu cara terpenting untuk menghormati orang tua adalah mengampuni mereka.

Setiap orang tua pasti punya kesalahan selama membesarkan anak-anaknya. Tidak ada orang tua yang sempurna. Namun, terlepas dari pengalaman buruk apapun itu, anak memiliki kewajiban untuk melepaskan semua kepahitan dan kebencian terhadap orang tua. 

Mengampuni orang tua adalah jalan satu-satunya bagi seorang anak berhasil dalam hidupnya. Karena itulah jika kita ingin hidup kita bergerak maju, cobalah memeriksa hati apakah ada sesuatu yang belum bisa kita ampuni dari orang tua kita.

 

8. Berkata jujur

Walaupun ada beberapa hal dalam hidup yang sulit untuk kita akui, khususnya kepada orang tua, namun kita diminta untuk tidak berbohong. 

Jadi, dalam urusan yang menyangkut keluarga jangan pernah menyembunyikan kebohongan apapun. 

“Orang yang dusta bibirnya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.” (Amsal 12: 22)

 

9. Jaga mereka

Menaati Tuhan memang penting. Tetapi Tuhan juga tidak mau kita memakai kedok pelayanan untuk mengabaikan orang tua kita. 

Kisah Yesus yang memerintahkan murid-Nya untuk meninggalkan seluruh keluarganya bukanlah sesuatu yang harafiah benar-benar meninggalkan mereka. Namun Yesus menekankan supaya kita tidak menjadikan keluarga berhala. Tentu saja kita perlu melayani keluarga, khususnya orang tua kita, sebelum melayani orang lain di gereja maupun di tempat lain. 

Paulus sendiri mengingatkan kita bahwa mereka yang tidak merawat orang tuanya jauh lebih buruk dari orang yang tidak mengenal Tuhan.

 

10. Berbicaralah dengan lembut

Kita bisa menghormati orang tua dengan menyampaikan perkataan yang lembut. Sekali-kali, berikan mereka pujian. Jika perlu cobalah untuk menulis surat yang berisi ungkapan kasih Anda kepada ayah atau ibu.

Sumber : womanofnoblecharacter.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami