Content Creator Jadi Pekerjaan Incaran Para Gen Z dan Millenial
Sumber: google.com

Finance / 16 July 2022

Kalangan Sendiri

Content Creator Jadi Pekerjaan Incaran Para Gen Z dan Millenial

Aprita L Ekanaru Official Writer
2759

Perkembangan teknologi digital, diikuti juga dengan berkembangnya fungsi media sosial yang ada. Hal tersebut menjadi angin segar sekaligus sebuah peluang bagi para Gen Z dan Millenial untuk dapat berkarya. Mereka berlomba-lomba menciptakan konten untuk dibagikan ke media digital. Bahkan kegiatan membuat konten ini sudah menjadi menjadi sebuah profesi yaitu sebagai Content creator.

Content creator adalah seseorang yang membuat informasi atau karya untuk disebarkan melalui media digital. Konten yang dibuat juga beragam bentuknya, mulai dari tulisan, musik/suara, gambar, foto maupun video. 

Saat mendengar istilah 'content creator', biasanya pikiran kita langsung tertuju kepada deretan para Youtuber, selebgram atau influencer yang telah populer dengan jutaan subscribers maupun followers. Namun sebenarnya istilah ini berlaku bagi siapa saja yang mengunggah konten orisinil ciptaannya ke media digital pilihannya. Oleh sebab itu, siapapun bisa menjadi content creator.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sensus penduduk 2020 mencatat bahwa populasi penduduk di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan milenial. Generasi Z  adalah mereka yang lahir antara tahun 1997 – 2012, yang kini telah berusia 8 – 23 tahun. Generasi ini kini berjumlah 75,49 juta jiwa atau 27,94 % dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Gen Z serta sebagian dari generasi milenial lahir dan tumbuh di era digital. Sebuah era di mana internet, khususnya media sosial, mengambil peranan penting di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, kita banyak menemukan content creator dengan rentang usia ini.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Apakah karir menjadi content creator merupakan pekerjaan yang menjanjikan?

  • Waktu yang lebih fleksibel

Menjadi seorang content creator menjadikan Anda tidak memiliki batasan waktu dalam bekerja. Cara berfikir, pola kerja, hingga kreatifitas dapat diatur dengan bebas sesuai dengan keinginan Anda. 

  • Menjadi bos atas diri sendiri

Anda bertanggung jawab atas setiap yang Anda kerjakan karena Anda adalah bos sekaligus bawahan. Segala aturan dapat Anda buat sendiri. Mulai dari mengatur kebutuhan, kemampuan, deadline hinga waktu libur.

  • Tidak membutuhkan modal besar

Meskipun terlihat menyenangkan, menjadi seorang content creator membutuhkan kreativitas yang tinggi. Anda harus terus mengasah skill karena harus bersaing dengan banyak content creator lainnya. Anda harus konsisten dalam meningkatkan kreativitas.

  • Mengubah passion menjadi pekerjaan yang menjanjikan

Salah satu alasan kenapa banyak orang menyukai profesi content creator adalah agar bisa mewujudkan passion. Anda dapat melakukan hal yang paling disukai menjadi sebuah pekerjaan hal tersebut tentu k tidak akan merasa seperti sedang bekerja.

Anda dapat mencoba mencari passion Anda seperti dalam bidang fotografi, menulis, desain grafis hingga membuat review barang. Anda juga dapat mencari ide membuat konten yang menarik dari passion tersebut. Tujuan akhir dari setiap hasil karya yang dipasarkan adalah untuk mendapatkan pemasukan.

Dengan menjadi content creator Anda dapat menetapkan batasan harga yang diinginkan.  Artinya, semakin baik, orisinil dan semakin unik karya Anda, maka orang akan menilai lebih.

Sumber : Prosple.com | Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami