Tas Sekolah Anak yang Terlalu Berat, Apa Dampaknya?

Health / 15 July 2022

Kalangan Sendiri

Tas Sekolah Anak yang Terlalu Berat, Apa Dampaknya?

Aprita L Ekanaru Official Writer
579

Liburan sekolah akan segera usai, bahkan ada anak-anak  yang sudah kembali ke sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Sebagai orang tua pasti Anda sudah mempersiapkan kebutuhan anak-anak, seperti seragam, sepatu, tas dan buku pelajaran yang akan dibawa ke sekolah.

Bila dalam satu hari ada tiga mata pelajaran, maka anak-anak akan membawa buku pelajaran yang lumayan banyak di dalam tas mereka. Kebiasaan membawa tas terlalu berat ternyata dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi anak.

Melansir laman The Cable Lifestyle, berdasarkan spesifikasi American Academy of Pediatrics (AAP), tas yang anak gunakan seharusnya tidak boleh memiliki muatan 10-20 persen dari berat badannya.

Seorang Terapi Fisik Profesional dan Direktur Klinis regional New York, Jaime Quinn mengatakan, menggunakan tas yang berat dapat menyebabkan rasa tegang yang berlebihan pada leher, punggung, serta bahu.

Menggunakan tas yang terlalu berat pada anak juga dapat menimbulkan dampak negatif seperti berikut:

  • Sakit punggung kronis

Tas yang berat dapat menimbulkan sakit punggung kronis pada anak. Selain itu rasa sakit juga kerap kali dirasakan pada leher dan bahu sehingga membuat anak menjadi tidak nyaman. Apalagi, jika tali tas yang digunakan terlalu tipis, hal ini akan menekan punggung anak.

  • Postur tubuh yang buruk

Membawa tas yang terlalu berat juga dapat memengaruhi postur tubuh. Anak yang membawa tas terlalu berat akan membuat mereka cenderung mencondongkan tubuh ke depan. Hal ini akan membuat postur tubuh anak menjadi bungkuk.

  • Hilangnya sensasi (mati rasa)

Tas yang terlalu berat dapat membuat sirkulasi menjadi terhalang. Tas yang terlalu berat tersebut juga menimbulkan rasa kebas dan kesemutan yang tidak nyaman.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->>

Sumber : Suara.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami