5 Ciri-ciri Seseorang Sudah Lahir Baru di Dalam Tuhan
Sumber: iStock

Kata Alkitab / 7 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Ciri-ciri Seseorang Sudah Lahir Baru di Dalam Tuhan

Lori Official Writer
23117

Saat kita semakin mempelajari kebenaran firman Tuhan, maka hal itu harus berdampak secara positif atas hidup Anda. Sebagai manusia, kita tidak akan pernah sempurna atau tidak mungkin tidak berdosa, tetapi kebenaran firman Tuhan akan selalu menuntun kita kembali kepada Tuhan. Jika kita berkata bahwa kita diselamatkan tetapi hidup kita tidak berubah menjadi lebih baik, maka kemungkinan ada yang salah. Kebenaran firman Tuhan memiliki kuasa untuk mengubahkan hidup seseorang.

 

3. Hidup Dalam Belas Kasihan

Seseorang yang mengalami lahir baru pasti hidup dalam belas kasihan. Kunci dari kehidupan orang Kristen adalah kasih atau belas kasihan. Orang Kristen dikenal karena kasihnya dan kita meneladani kasih ini dari Yesus. 

“Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.” (1 Yohanes 4: 7)

Apakah Anda mengasihi orang lain? Mereka yang benar-benar diselamatkan adalah mereka yang hidup di dalam kasih baik terhadap sesama saudara seiman maupun orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

 

Baca Juga: Apakah Jika Saya Lahir Baru, Jatuh Dalam Dosa Lagi Akan Kehilangan Keselamatan?

 

4. Hidup dalam iman

Ciri lahir baru yang keempat adalah hidup dalam iman. “…sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.” (1 Yohanes 5: 4)

Kata ‘mengalahkan’ mengandung arti sebuah usaha atau perjuangan. Orang yang sudah hidup di dalam Kristus tentu saja terus berjuang mengatasi dosa. Itu sebabnya si iblis menginginkan kita tetap hidup di dalam dosa dan untuk menaklukkan setiap usaha si iblis inilah kita perlu hidup di dalam iman yang teguh. 

Percayalah bahwa dengan iman, Anda akan dimampukan untuk menghadapi beragam pencobaan di sekitar Anda, baik itu hawa nafsu dan juga tawaran dunia yang memikat. Jadi seseorang yang lahir baru akan tumbuh kuat di dalam Tuhan dan mampu memenangkan pertempuran melawan si iblis.

 

5. Menjaga perilakunya

Ciri lahir baru yang terakhir tampak dari perilaku hidupnya. Seseorang yang lahir baru akan selalu menjaga perilakunya untuk menyenangkan hati Tuhan. 

“Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.” (1 Yohanes 3: 9)

Jika kita tidak berhati-hati, kita mungkin menafsirkan ayat ini untuk mengajarkan bahwa siapapun yang lahir dari Allah tidak pernah berbuat dosa. Tentu saja tidak demikian. Karena menjaga supaya perilaku kita tetap baik merupakan sebuah proses perjuangan, yang dimana kita juga bisa gagal tetapi firman Tuhan bisa kembali mengangkat kita naik jika kita mau bertobat dan mengaku dosa kita.

Yohanes tidak mengatakan bahwa orang percaya yang berbuat dosa tidak dilahirkan dari Allah. Tetapi Yohanes ingin menekankan bahwa siapapun yang terus menerus berbuat dosa dengan sengaja, melanggar hukum Allah. Karena dia acuh tak acuh terhadap kebenaran.

Kebenarannya adalah, jika kita benar-benar sudah lahir baru dan hidup di dalam Tuhan, maka kita akan terus berjuang untuk menjauhi dosa. Kita akan berjuang untuk menyenangkan hati Tuhan sebagai bentuk kasih kita kepada Dia.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami