Derai Air Mata di Hari Pertama Sekolah? Wajar Kok, Tapi Bisa Diatasi Loh, Ini Tipsnya
Sumber: bukalapak

Parenting / 14 July 2022

Kalangan Sendiri

Derai Air Mata di Hari Pertama Sekolah? Wajar Kok, Tapi Bisa Diatasi Loh, Ini Tipsnya

Puji Astuti Official Writer
3514

Hari ini adalah hari pertama sekolah, namun yang gugup dan gelisah bukan hanya anak-anak saja loh, ada ribuan orangtua yang merasa gelisah dan gugup melepaskan buah hati mereka masuk sekolah, terutama mereka yang baru memulai sekolah seperti di PAUD, TK atau SD. 

Namun tidak sedikit orangtua yang anaknya sudah masuk usia remaja juga tetap kuatir dan mengantarkan mereka hingga ke depan pintu kelasnya. 

Tidak hanya anak-anak yang menangis saat mereka harus duduk di bangku sekolah dan berpisah dengan orangtuanya, kadang orangtuapun ada yang tak bisa menahan air mata saat melepaskan buah hati mereka. 

Kok gitu sih? Ada apa dengan fenomena di hari pertama sekolah ini? 

Secara psikologis, memasuki lingkungan yang baru bisa menimbulkan kegelisahan dan ketakutan bukan hanya bagi si anak namun juga bagi orangtua. Hal inilah yang terjadi di hari pertama sekolah. 

 

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Mempersiapkan anak sebelum mereka sekolah:

Mempersiapkan buah hatimu sebelum ia memasuki masa sekolah dapat mengurangi rasa gelisahnya ketika hari besar itu tiba. 

- Perkenalkan kepadanya apa saja sih aktivitas dia di sekolah nanti, mulai dari membaca, menulis, berhitung, hingga bermain bersama teman-teman barunya. 

- Ajak buah hatimu untuk mengunjungi sekolah itu beberapa kali sebelum hari pertamanya tiba. Hal itu akan membuatnya mengenali lingkungan barunya, dan tidak kaget pada saat hari pertama sekolahnya tiba. 

- Perkenalkan buah hatimu kepada sang guru. Ya, hal ini akan membuatnya tidak takut lagi dan tidak menganggapnya sebagai orang asing lagi. 

 

Baca Juga:

Musim Sekolah Bakal Tiba, Dukung Anak Sukses Lewati Tahun Ajaran Baru Dengan Cara Ini…

 

Mendikbud Himbau Orangtua Antar Anak Hari Pertama Sekolah

 

Persiapkan dirimu sebagai orangtua : 

- Tanyakan pada guru anakmu prosedur dari sekolah itu ketika anak menangis atau mencari orangtuanya. Pastikan kalau staf di sekolah itu siap membantu buah hatimu. 

- Dapatkan jadwal harian anakmu di sekolah dan aktivitas mereka. 

- Tanyakan kontak darurat di sekolah yang bisa dihubungi jika kamu ingin menanyakan sesuatu tentang buah hatimu. Jangan lupa juga berikan nomor telephonemu agar kamu bisa dihubungi sewaktu-waktu oleh sang guru maupun pihak sekolah. 

 

Tips agar saat melepaskan buah hati di kelas tanpa air mata

Pasti kamu akan menjumpai ramainya anak-anak dan orangtua di hari pertama sekolah, dan yang paling sering ditemui adalah anak-anak yang menangis karena mereka tidak mau ditinggalkan orangtuanya. Nah, agar proses buah hatimu masuk di kelas di hari pertamanya mulus, kamu bisa lakukan beberapa hal ini: 

- Perkenalkan lagi sang guru pada buah hatimu. Ingatkan kepadanya bahwa dia sudah bertemu dan berkenalan dengan sang guru beberapa hari sebelumnya. 

- Berikan dia sebuah jam tangan, dan ingatkan dia jam berapa kamu akan menjemputnya. Hal itu akan membuatnya merasa bahwa dia sudah lebih dewasa. 

- Ajak kenalan dengan beberapa anak, kamu juga perlu kenalan dengan orangtuanya. Siapa tahu anak-anak kalian bisa main bersama di luar jam sekolah. 

- Jangan diam-diam pergi. Pastikan bahwa anakmu tahu bahwa kamu akan meninggalkannya di sekolah dan kamu akan menjemputnya kembali ketika waktunya pulang tiba. Hal ini perlu dipastikan agar tidak merusak rasa percayanya kepadamu. 

- Ketika sudah mengucapkan selamat tinggal, jangan mengulur-ulur waktu untuk pergi. Beberapa orangtua ada yang mengintip dari jendela, hal itu akan semakin sulit buat si anak untuk melepaskanmu. 

Sebagai orangtua, saat melihat buah hatimu mulai masuk sekolah kamu merasa bahwa waktu berlalu begitu cepat. Kamu tinggal menghitung hari, dan beberapa tahun kemudian dia akan kuliah dan bahkan menikah. 

Itu adalah perasaan yang wajar bagi orangtua, dan juga waktu yang tepat untuk bersyukur atas karunia Tuhan yang luar biasa dalam bentuk kehadiran buah hatimu.  Jadi, jangan sedih ya moms and dads. Lepaskan dia untuk bertumbuh dan menjadi anak yang akan membuatmu bangga. 

 

 

Sumber : Parents.com
Halaman :
1

Ikuti Kami