Pengorbanan Kristus yang Luar Biasa dan Tercatat di Alkitab

Kata Alkitab / 14 July 2022

Kalangan Sendiri

Pengorbanan Kristus yang Luar Biasa dan Tercatat di Alkitab

asH Krisdiantoro Contributor
577

Ibrani 7:26-27

“Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga, yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban untuk dosanya sendiri dan sesudah itu barulah untuk dosa umatnya, sebab hal itu telah dilakukan-Nya satu kali untuk selama-lamanya, ketika Ia mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai korban.”

 

Ibrani 9:12

“dan Ia telah masuk satu kali untuk selama-lamanya ke dalam tempat yang kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan membawa darah-Nya sendiri. Dan dengan itu Ia telah mendapat kelepasan yang kekal.”

 

Aspek lain yang sangat unggul dari perjanjian kasih karunia adalah pengorbanan Yesus Kristus, Imam Besar kita yang agung. Korban di bawah Perjanjian Lama dipersembahkan berulang kali, dan itu melibatkan darah binatang. Pengorbanan Yesus jauh lebih baik dan terbaik.

Para imam di bawah hukum mempersembahkan korban yang sama dari hari ke hari. Pengorbanan ini tidak dapat menghapus dosa. “Selanjutnya setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa.” (Ibrani 10:11).

Baca juga :

4 Korban Persembahan yang Menyenangkan Hati Tuhan

5 Jenis Korban Persembahan Menurut Alkitab

 

Melalui pengorbanan ini dosa kita ditutupi sementara. Namun pada saat yang sama, dalam pengorbanan ini selalu ada ingatan akan dosa dan kesalahan. "Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa." (Ibrani 10:3). “Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. (Ibrani 9:22).

Akhirnya, Yesus mati sebagai korban yang sempurna, "sekali untuk selamanya". Ini adalah pengorbanan yang benar-benar dapat menghapus dosa. “… pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa oleh korban-Nya….demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. …Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah,” (Ibrani 9:26, 28 dan 10:12).

Batasan hukum korban adalah hanya darah hewan yang ditumpahkan. "Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa." (Ibrani 10:4). Jadi, Imam Besar kita di bawah kasih karunia mempersembahkan darah-Nya sendiri.

Bukan dengan darah kambing dan anak sapi, tetapi dengan darah-Nya sendiri Dia memasuki Tempat Mahakudus sekali untuk selamanya, setelah memperoleh penebusan kekal. Darah Kristus secara unik efektif. Itu adalah darah Kristus yang berharga, seperti anak domba yang tidak bercela dan tidak bercacat. Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia! (1 Petrus 1:19 dan Yohanes 1:29).

Sungguh pengorbanan yang luar biasa yang Anak Domba Allah berikan kepada kita yaitu dengan kasih karunia! Satu kematian untuk semua dosa dunia membuat penebusan kekal tersedia bagi semua orang yang percaya. Hal ini akan membawa dan membuat kita semakin bersukacita dan sangat bersyukur dan semakin mengasihi Tuhan untuk hadiah yang menakjubkan ini. Haleluya!!

Semua karya tulis yang dibuat oleh contributor adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Halaman :
1

Ikuti Kami