Siapakah yang Menghentikan Matahari dan Bulan? Nabi Yosua atau Tuhan?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 11 July 2022

Kalangan Sendiri

Siapakah yang Menghentikan Matahari dan Bulan? Nabi Yosua atau Tuhan?

Claudia Jessica Official Writer
13731

Berikut ini beberapa pendapat mengenai berhentinya Matahari dan Bulan dalam kisah Yosua pasal 10.

1. Pendapat pertama menafsirkan bahwa sebenarnya matahari tidak benar-benar berhenti. Yang terjadi adalah Tuhan memberi cuaca yang lebih panas pada tentara Amori sehingga mereka kepayahan dan dengan mudah dihabisi Yosua. Ini jelas tidak sesuai dengan teks alkitab.

2. Pendapat kedua, mengatakan Rotasi (perputaran) bumi tidak berhenti. Yang terjadi adalah pantulan sinar matahari mengenai bumi lebih lama dari biasanya. Sehingga walaupun sudah malam matahari masih kelihatan sedikit sinarnya. Teori ini juga tidak memiliki bukti yang cukup kuat.

3. Ketiga. Penafsir lain mengatakan bahwa ini adalah bahasa perlambang. Alkitab dipenuhi oleh bahasa perlambang seperti misalnya ular bisa berbicara kepada Adam dan Hawa, Tuhan bertahta di sorga (Tuhan kan tidak benar-benar duduk di sorga), dsb. Pandangan ini juga sulit untuk diterima.

 

Baca juga: #FaktaAlkitab: Tentang Makanan Haram

 

4. Keempat. Pendapat terakhir ini mengartikan bahwa peristiwa ini persis sebagaimana tertulis dalam alkitab, matahari berhenti di atas Gibeon. Hal ini disertai dengan dua alasan kuat bahwa Tuhan adalah penguasa alam semesta. Semua hukum alam tunduk pada kuasa-Nya. Jadi kalau Ia mau melakukan mujizat dengan “melanggar” hukum alam, Ia bisa melakukannya, karena Dia yang menciptakan hukum alam.

Alkitab mencatat bahwa belum pernah ada hari seperti itu baik dahulu maupun kemudian, bahwa Tuhan mendengarkan permohonan manusia secara demikian sebab yang berperang bukan bangsa israel melainkan Tuhan (Yosua 10: 14).

Nah, bagaimana menurut JCers kisah Berhentinya Matahari dalam Yosua pasal 10?

 

Saksikan video Fakta Alkitab: Siapakah yang Menghentikan Matahari dan Bulan? Nabi Yosua atau Tuhan?

Sumber : jawaban YouTube
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami