Bukan Cari-cari Alasan, Sampaikan Ini ke Atasan Jika Telat Masuk Kantor

Finance / 8 July 2022

Kalangan Sendiri

Bukan Cari-cari Alasan, Sampaikan Ini ke Atasan Jika Telat Masuk Kantor

Lori Official Writer
599

Kadang ada saja halangan yang menyebabkan kita telat masuk kerja. Ada banyak alasan, diantaranya terjebak macet, izin mengurus rekening ke bank, kerusakan kendaraan yang tak terduga, sakit mendadak, pengasuh anak yang mendadak pulang dan sebagainya.

Tentu saja wajar bagi Anda untuk meminta izin untuk terlambat datang ke kantor karena kondisi-kondisi ini urgent semacam ini. Karena itulah penting untuk menyadari bahwa ada beberapa alasan yang ternyata sangat tidak tepat untuk dijadikan sebagai alasan telat masuk kantor.

Sebagaimana hasil survei dari CareerBuilder, menemukan bahwa beberapa alasan ini sangat tidak tepat untuk dijadikan alasan telat masuk kantor, diantaranya:

1. Cuaca yang kurang baik

2. Tiba-tiba sakit perut

3. Terlambat bangun

4. Mengurus binatang peliharaan di rumah

5. Menunggu sarapan terlalu lama

 

Apa yang harusnya dilakukan untuk izin telat masuk kantor?

Walaupun sebagian karyawan berpikir bahwa telat datang ke kantor bukan masalah yang serius, tetapi atasan Anda bisa saja menilainya sebagai hal yang serius. 

Anda perlu tahu bahwa mayoritas pengusaha (60%) mengatakan bahwa mereka berharap karyawannya bisa bekerja tepat waktu setiap hari. Sebanyak 43% pengusaha bahkan memecat karyawan yang kerap datang telat datang.

 

Baca Juga: 

Tips Bekerja Efektif Meski Tanpa Diawasi Bos

Males Berangkat Kerja? Mungkin Penyebabnya Ada di 5 Ciri Tempat Kerja Yang Beracun Ini

 

Jadi jika Anda sering telat masuk kerja, pikirkanlah tentang kredibilitas karir Anda ke depan. Jika Anda tidak ingin kehilangan pekerjaan saat ini, mulailah mengubah rutinitas pagi Anda. Sehingga Anda bisa tiba di kantor dengan tepat waktu. Ini bisa sesederhana mulai memasang alarm jam bangun tidur di pagi hari, tidur lebih awal di malam hari dan mempersiapkan sarapan dan kebutuhan lain di malam hari.

Jika jarak rumah dengan kantor cukup jauh, pastikan untuk berangkat lebih awal sehingga Anda tidak terkena macet atau ketinggalan tranportasi. 

 

Tips mengajukan alasan telat masuk kantor

Jika Anda sudah kehabisan alasan, jangan pernah membuat alasan lain yang aneh dan menyampaikannya ke atasan Anda. Daripada melakukannya, lebih baik lakukan 5 tips ini:

1. Beritahu atasan secepatnya

Jika Anda sudah memperkirakan bahwa Anda akan telat tiba di kantor, segeralah memberitahu atasan Anda baik melalui pesan singkat maupun email.

Jika ternyata Anda terlambat karena harus mengurus sesuatu yang bersifat mendesak, segera hubungi atasan Anda lebih awal. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Thebalancecareers.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami