4 Kunci Miliki Kesabaran Besar Dalam Pernikahan
Sumber: freepik

Relationship / 8 July 2022

Kalangan Sendiri

4 Kunci Miliki Kesabaran Besar Dalam Pernikahan

Lori Official Writer
3321

Setiap pasangan yang menjalani pernikahan ada kalanya akan diperhadapkan dengan kesulitan, seperti menghadapi pasangan yang keras kepala, berperilaku buruk dan tidak setia. Jadi tak sedikit yang hidup dalam luka selama menjalani pernikahan.

Mereka menderita dan tak lagi punya harapan untuk menemukan solusi atas pernikahannya. Akibatnya, muncul banyak solusi yang ditawarkan oleh pakar-pakar hubungan dan pernikahan dunia. Salah satunya meyakinkan pihak yang terluka dan dilukai untuk menyelesaikan pernikahan dengan jalur perceraian. Tidak sedikit pasangan yang akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah ini. 

Bagaimana seharusnya orang Kristen menghadapi beragam persoalan dalam pernikahan? Apakah pihak yang terluka harus berjuang untuk pernikahannya sekalipun itu begitu menyakitkan?

Apa yang seharusnya setiap pasangan menikah lakukan supaya memiliki kesabaran yang besar dalam pernikahannya?

Berikut 4 hal yang mungkin bisa kita renungkan.

1. Hindari kata ‘perceraian’ sebagai solusi utama

Jangan menganggap perceraian sebagai jawaban atas masalah atau situasi Anda. Sebaliknya, jadikan perceraian sebagai solusi yang bertentangan di dalam pernikahan. Jangan pernah menjadikannya sebagai solusi utama!

 

Baca Juga: Kemana Anda Mengadu Saat Muncul Konflik Dengan Pasangan?

 

Tahukah Anda, bahkan di beberapa kesaksianSolusi TV yang sudah kami tayangnya. Hampir setiap narasumber yang memberikan kesaksian terkait persoalan rumah tangga selalu menjunjung firman Tuhan dari Markus 10: 9 untuk tidak menghindari perceraian ketika pasangan mereka sekalipun memperlakukan mereka dengan sangat buruk. Hanya dengan bekal memegang janji Tuhan, menaatinya, berdoa dan melibatkan Tuhan dalam persoalan rumah tangga, pasangan mereka akhirnya dipulihkan oleh Tuhan. Meski harus melalui proses yang panjang, namun dalam hal ini mereka menang. Bukan saja menyaksikan mujizat Tuhan terjadi atas pasangannya, tetapi seluruh kehidupan para narasumber ini dipulihkan sepenuhnya. 

Jadi jika Anda ingin melihat Tuhan berkarya melalui pernikahan Anda, jauhkan kata perceraian dan pilihlah untuk menaruh segala luka dan persoalan hidup Anda kepada Tuhan.

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Filipi 4: 13)

 

2. Jaga hati Anda supaya tetap lembut kepada Tuhan

Menjaga hati itu penting. Hal ini bisa dilakukan dengan tetap memelihara persekutuan yang manis dengan Tuhan. Karena hal ini akan sangat berdampak dengan bagaimana Anda bersikap kepada pasangan. 

“Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.” (Matius 19: 8)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Lalu apa jawaban bagi mereka yang sudah terlanjur keras hati terhadap pasangannya? Mintalah Tuhan untuk melembutkan hati Anda. Serahkan pernikahan Anda sepenuhnya kepada Dia. Minta Dia menunjukkan jalan keluar atas segala persoalan yang Anda hadapi.

 

3. Percaya bahwa penderitaan itu hanyalah sementara

Hidup kita seperti sehelai rumput. “Semua yang hidup adalah seperti rumput dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput, rumput menjadi kering, dan bunga gugur…” (1 Petrus 1: 24)

Saat mengalami penderitaan, entah sehari, seminggu, berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, kita mungkin merasa bahwa masa-masa itu seperti berlarut-larut dan tak ada ujungnya. Sebagai manusia, wajar memang jika kita tidak sabar dengan penderitaan. 

Tetapi apakah kita pantas memilih jalan pintas?

Rasul Paulus juga mengalami banyak penderitaan. Namun dia justru bersukacita karena hal itu membuktikan betapa besar kasihnya kepada Yesus.

“Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.” (Roma 8: 18)

 

Baca Juga: Ini Lho 5 Pelajaran Penting Tentang Keluarga Dari Film Ngeri Ngeri Sedap

 

4. Mintalah sukacita, kekuatan dan penghiburan dari Tuhan di tengah pernikahan Anda

Saat masalah muncul dan seolah tak ada jalan keluar, kita mungkin akan merasa lelah, putus asa dan menyerah.

Tetapi di tengah kondisi ini, tetaplah mengingat janji Tuhan. Bahwa Dia akan senantiasa menyediakan sukacita, kekuatan dan penghiburan bagi setiap orang yang lemah. Dengan datang kepada Tuhan, maka Anda akan disegarkan kembali.

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.” (Yesaya 40: 29)

Sekalipun Anda merasa bahwa Anda salah memilih pasangan. Sekalipun Anda merasa begitu menderita dan tak lagi sanggup menghadapi perilaku pasangan Anda yang buruk, ketidaksetiaan yang begitu melukai hati Anda dan pertengkaran yang tak ada ujungnya. Ada satu pribadi yang mengerti setiap persoalan yang sedang Anda hadapi. Ada satu pribadi yang punya solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan di tengah pernikahan Anda. Dia adalah Tuhan. Jadi datanglah dan serahkan pernikahan Anda kepada Dia. Dia yang akan selalu menguatkan, memberi suka cita dan solusi terbaik sesuai dengan firman-Nya.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami