7 Ayat Alkitab Penting yang Bicara Tentang Pengorbanan

Kata Alkitab / 5 July 2022

Kalangan Sendiri

7 Ayat Alkitab Penting yang Bicara Tentang Pengorbanan

Lori Official Writer
1370

Pengorbanan adalah bagian dari perjalanan rohani orang-orang Kristen. Kita bisa mempersembahkan hidup kita sebagai korban persembahan sebagai bentuk dari pengingat akan pengorbanan Yesus Kristus.

Pentingnya konsep pengorbanan ini bagi orang Kristen ditekankan melalui 7 ayat Alkitab di bawah ini.

1# Pengorbanan tidak sama dengan ketaatan

“Apakah TUHAN itu berkenan kepada korban bakaran dan korban sembelihan sama seperti kepada mendengarkan suara TUHAN? Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik dari pada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik dari pada lemak domba-domba jantan.” (1 Samuel 15: 22)

Banyak orang percaya bahwa mengorbankan waktu, uang dan tenaga mereka untuk melakukan pekerjaan baik bagi Tuhan. Tapi, kita harus berhati-hati untuk tidak membiarkan pengorbanan lebih diutamakan daripada ketaatan kita pada ajaran Alkitab. Korban persembahan kepada Tuhan dihormati selama kita mematuhi perintah-perintah-Nya dan mengajar orang lain untuk mematuhinya juga.

 

Baca Juga: Apa Itu Kurban? Begini Menurut Pandangan Alkitab

 

2# Pengorbanan tidak gratis

“Tetapi berkatalah raja kepada Arauna: "Bukan begitu, melainkan aku mau membelinya dari padamu dengan membayar harganya, sebab aku tidak mau mempersembahkan kepada TUHAN, Allahku, korban bakaran dengan tidak membayar apa-apa." Sesudah itu Daud membeli tempat pengirikan dan lembu-lembu itu dengan harga lima puluh syikal perak.” (2 Samuel 24: 24)

Kasih karunia Tuhan memang terkesan diberikan cuma-cuma. Tetapi kita harus ingat bahwa sebenarnya hal itu dibayar dengan harga yang sangat mahal yaitu dengan pengorbanan dan penderitaan Yesus di kayu salib. 

Sebagai manusia, kita mungkin akan cenderung menganggap sepele sesuatu yang gratis. Namun pengorbanan itu tidak akan ada harganya jika tidak dihargai. Jadi, saat kita bertumbuh dalam iman, kita mempersembahkan korban persembahan kita kepada Tuhan dengan sikap hati yang penuh hormat. Karena kita memahami bahwa pengorbanan-Nya sjauh lebih mahal dari yang mungkin kita berikan.

 

3# Hati yang hancur menjadi korban persembahan yang berharga bagi Tuhan

“Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah.” (Mazmur 51: 17)

Saat kita dengan tulus mencari pengampunan di hadapan Tuhan atas dosa-dosa kita, itu adalah korban persembahan yang berharga bagi Tuhan. Tuhan mau kita datang kepada Dia dan dikuduskan dari dosa-dosa kita. Tetapi saat kita merendahkan diri, kita menemukan kasih karunia dan pengampunan-Nya.

 

Baca Juga: Ini Lho Persamaan Tradisi Persembahan ‘Kurban’ dalam Agama Yahudi, Kristen dan Islam

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami