Perut Kembung dan Penuh Gas? Mungkin Ini Masalahnya. Hati-hati loh!

Health / 5 July 2022

Kalangan Sendiri

Perut Kembung dan Penuh Gas? Mungkin Ini Masalahnya. Hati-hati loh!

Naomii Simbolon Official Writer
2178

Buang gas adalah sesuatu yang lumrah. Itu adalah bagian dari proses pencernaan. Semua orang memproduksi gas dalam organ pencernaannya. Bahkan rata-rata orang dewasa bisa memproduksi hampir satu liter setiap harinya.

Tapi gas juga bisa menjadi tanda-tanda gangguan pencernaan loh. Pembuangan  gas yang disertai gejala turunnya berat badan, anoreksia, diare parah, muntah, demam, dan sakit perut yang parah dapat menjadi penanda beberapa penyakit seperti peradangan usus, intoleransi makanan, usus buntu, dan penyakit-penyakit lainnya.

Atau misalnya kamu nggak teratur dalam membuang gas itu bisa berarti kamu infeksi saluran cerna, dysbiosis atau pengaruh psikologis seperti stres.

Untungnya, ada banyak cara untuk membantu kamu menghilangkan gas dalam perut tersebut, diantaranya :

 

1. Ubah pola makan 

Hindarilah memakan makanan yang menghasilkan gas berlebihan. Makanan yang biasanya menghasilkan gas adalah sayuran seperti brokoli, kol dan bawang. Sementara buah-buahannya adalah apel dan pir, serta kacang-kacangan. Makanan itu sangat sulit untuk diurai oleh usus, makanya menjadi gas yang menumpuk.

Jadi, pastikan untuk mengurangi asupan makanan seperti itu ya, serta ubah pola makannya supaya perut kamu nggak kembung lagi.

 

2. Kunyah makanan dengan benar, jangan asal main telan saja

Mengunyah makanan merupakan bagian pertama dari keseluruhan tahap pencernaan, yakni saat gigi dan air liur mulai mencerna makanan di dalam mulut.

Beberapa orang, mungkin karena sanking lapar atau sudah terbiasa, mengunyah makanan sering sekali sebentar saja. Misalnya 10 kali kunyah langsung telan, apalagi nasi.

Padahal normalnya, kamu harus mengunyah makanan setidaknya 32 kali, sampai makanan pecah dan kehilangan tekstur. Jadi pastikan mengunyah setiap potongan secara menyeluruh seleim menelannya supaya meringankan beban kerja perut dan usus kamu.  Selain itu, cobalah makan atau mengunyah dengan menututup mulut, supaya mengurangi jumlah udara yang kamu telan.

Percayalah, dengan begini maka usus kamu akan lebih mudah mencerna makanan.

 

BACA JUGA : Laper Banget di Pagi Hari? Jangan Komsumsi Ini Jika Tidak Ingin Cepat Mati. Hati-hati loh!

 

3. Air lemon hangat

Hal ini menjadi tren diet karena ada alasannya kiat ini berfungsi. Segelas air hangat dengan perasan air lemon di pagi hari akan menyalakan sistem pencernaan dan memastikannya berfungsi dengan benar. Untuk efek tambahan, taburkan sedikit kayu manis yang bersifat antiradang.

 

4. Perbanyaklah mengkomsumsi air putih

Bila penting, komsumsilah air putih sepanjang hari. Karena air bagus banget dalam mencegah perut kembung, konstipasi dan dehidrasi. Air juga tidak mengandung komposisi apa pun yang bisa membuat perut buncit, seperti minuman pemanis lainnya.

Selain itu, mengkomsumsi air putih bagus banget buat pencernaan dan kesehatan kulit kamu.

 

5.  Selain mengubah pola makan, jangan lupa mengubah ururtan makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu

Ketika kamu makan, secara alami tubuhmu akan memproduksi asal klorida yang berfungsi untuk memecah protein.  Jika kamu mulai makan dengan makanan karbohidrat, asam klorida akan habis di gunakan sebelum protein sempat di cerna sepenuhnya. Protein yang nggak dicerna dengan baik akan difermentasi dan memicu gas serta perut kembung.

Sebelum kamu memakan roti dan salad, cobalah makan beberapa potongan daging, gas atau protein lainnya dulu.

 

 

BACA JUGA: Tidur Berkualitas Bisa Bantu Cegah Penyakit Kronis, Buat Tidur Berkualitas dengan Cara Ini

 

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu lakukan supaya hal-hal seperti ini tidak lagi terjadi. Tapi, jika saat ini kamu sedang mengalaminya dan begitu parah maka carilah pertolongan medis.

Karena jika kita memproduksi gas dan mengalami perut kembung terus menerus sampai menganggu aktivitas sehari-hari kamu, maka segeralah pergi ke dokter untuk konsultasi. Produksi gas dan perut kembung sering sekali berhubungan langsung dengan makanan yang kamu komsumsi, maka diskusikan lah kebiasaan makan dan gaya hidup kamu ke dokter.

Selain itu, cobalah untuk olahraga teratur untuk mengurangi gas dan perut kembung kamu di kemudian hari. Seperti jalan kaki, atau berenang, lalu cobalah makan pisang, dan mangga, serta hindari minuman bersoda.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami