Demi Menghidupi Kedua Anaknya, Bapak Ini Keliling Rumah Warga Mencari Barang Bekas
Sumber: oborberkat.com

News / 27 June 2022

Kalangan Sendiri

Demi Menghidupi Kedua Anaknya, Bapak Ini Keliling Rumah Warga Mencari Barang Bekas

Aprita L Ekanaru Official Writer
2424

Setiap orang tua pasti ingin dapat memberi kehidupan yang layak bagi anak-anaknya, termasuk Bapak Jefri Simangunsong (37 tahun) di Desa Sri Meranti, Pekanbaru, Riau. Sejak istrinya meninggal, Bapak Jefri mengambil peran sebagai seorang ayah sekaligus ibu bagi kedua anaknya. Ia banting tulang sebagai pengumpul barang-barang bekas untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menyekolahkan anak-anaknya.

Setiap hari Bapak Jefri berkeliling di desanya untuk menyambangi rumah-rumah warga guna mengumpulkan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Barang bekas yang sering dikumpulkan Bapak Jefri diantaranya adalah TV bekas, barang rongsokan, koran/buku bekas, botol plastik, kardus, dan sebagainya. Demi mendapatkan barang-barang bekas itu, Bapak Jefri harus merogoh kocek untuk membelinya dari warga. Harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi, biasanya berdasarkan kesepakatan atau berdasarkan hasil berat timbangan barang bekas untuk menentukan nominal harga yang harus dibayarkan Bapak Jefri.

Selain bekerja, Bapak Jefri juga merupakan salah satu anggota jemaat yang aktif di gereja rekanan OBI di Pekanbaru. Melihat kondisi perekonomian keluarga Bapak Jefri yang pas-pasan, ia direkomendasikan oleh gembala di gerejanya untuk mendapatkan modal usaha dari OBI. Akhirnya, Bapak Jefri terpilih dan mendapatkan sejumlah dana dan perlengkapan untuk menunjang pekerjaanya seperti timbangan karena timbangan yang dimiliki selama ini ukurannya sangat kecil dan cara penggunaannya yang sangat tidak praktis.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA >>

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada OBI, karena berkat bantuan dana yang OBI berikan dapat membantu saya dalam melakukan pembelian barang-barang bekas dari warga. Sebelumnya, hal ini merupakan sebuah kendala bagi saya. Modal yang saya miliki kadang habis sehingga tidak bisa melakukan pembelian, sementara barang bekas yang dibeli tidak bisa langsung saya jual ke pengepul, harus saya sortir dan bersihkan terlebih dahulu. Terkadang, perputaran pembelian barang bekas juga tidak selalu lancar. Puji Tuhan! Melalui modal usaha dari OBI ini, saya dapat mengatasi kendala yang saya alami selama ini. Selain itu, timbangan baru yang diberikan kepada saya lebih besar dan lebih gampang penggunaannya sehingga memudahkan pekerjaan saya," cerita Bapak Jefri.

Dengan adanya program dari OBI ini, Bapak Jefri berharap dapat meningkatkan pendapatannya. Ia juga berharap semoga profesinya saat ini dapat berkembang menjadi gudang pengepul sehingga perekonomian keluarganya stabil, demi masa depan anak-anaknya.

Gembala gereja Bapak Pdt. Ronald Simatupang juga berterimakasih kepada OBI yang telah membantu Bapak Jefri. Bapak Ronald menilai bahwa Bapak Jefri adalah orang yang bertanggung jawab dan memiliki semangat yang tinggi. Ia juga berdoa semoga bantuan modal yang diberikan OBI dapat dikelola dengan baik oleh Bapak Jefri hingga kelak menjadi sukses.

Sumber : oborberkat.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami