Fakta Menarik Film The Bad Guys yang Bisa Jadi Pelajaran Anak

News / 23 June 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Menarik Film The Bad Guys yang Bisa Jadi Pelajaran Anak

Contasia Christie Official Writer
876

Ada yang sudah menonton film animasi The Bad Guys?  Film yang diproduksi oleb DreamWorks Animation ini sukses mengundang gelak tawa dan perhatian seluruh anggota keluarga saya. Film yang digarap oleh sutradara Pierre Perifel dan penulis Etan Cohen ini, menceritakan kisah sekelompok kriminal hewan antropomorfik yang mencoba untuk mereformasi diri mereka sebagai warga teladan.

Awalnya para hewan ini banyak melakukan kejahatan, yaitu mencuri barang berharga. Namun seiring perjalanan kehidupan, mereka justru menemukan jati diri mereka yang sebenarnya. Mereka sadar bahwa dirinya bisa berubah menjadi warga yang baik dan itu lebih berharga dibandingkan melakukan kejahatan.

Film ini mengajarkan anak-anak untuk tidak perlu berbuat kejahatan agar bisa dianggap “keren” atau sukses. Apalagi dalam film ini, hewan yang digambarkan memang biasa di labeling oleh masyarakat sebagai hewan yang licik, jahat, atau nakal. Justru disinilah poin yang bisa anak pelajari.

Baca juga : Viral Pemuda Penjual NFT Foto Selfie, Inilah GAMBAR DIRI yang Perlu Kita Tanamkan Ke Anak

 

Gambar Diri

Kadang sebagai manusia kita dengan mudahnya me-‘labeli’ orang lain sesuai penampilan atau pembawaannya. Padahal belum tentu orangnya seperti itu. Lewat film ini, anak bisa belajar tentang gambar diri mereka sendiri, atau tujuan Tuhan yang sebenarnya menciptakan mereka.

Tanpa sadar, manusia memang dengan mudahnya mengukur diri sendiri atau orang lain (1 Korintus 4: 3-4). Semua orang dan makhluk diciptakan Allah itu baik. Apalagi manusia, sangat berharga di mata-Nya karena serupa dengan gambaran-Nya (Kejadian 1: 26-27). Semua orang dikasihi oleh Allah (Roma 5: 8).

Kita semua adalah orang yang berdosa dan kehilangan kemuliaan Allah. Sama seperti gambaran dari hewan-hewan di film itu. Karena dosa kitalah, kita membutuhkan Juruselamat untuk mengampuni dosa kita. Oleh karenanya, Ia mengirimkan Putra Tunggal-Nya agar siapa saja yang percaya padanya akan beroleh hidup yang kekal. Jadi keselamatan kita bukanlah hasil dari usaha atau kerja keras kita, tapi anugerah Tuhan.

Baca juga : Bagaimana Citra Diri Kita Dipulihkan?

 

Menjelaskan kepada anak tentang ‘Gambar Diri’

Gambar diri kita tidak boleh disombongkan oleh manusia (Filipi 2:3–4). Sama seperti pada tokoh hewan di film tersebut. Mereka begitu sombong karena selalu sukses dalam melakukan pencurian. Mereka awalnya menikmati hidup dalam dosa. Sampai pada akhirnya disadarkan bahwa mereka sebenarnya memiliki sisi baik juga.

Gambar diri yang benar adalah memahami kebutuhan kita yang besar pada kuasa Tuhan dan kasih-Nya. Kita harus bersyukur bahwa Allah telah menanamkan identitas kita di dalam Yesus Kristus. Oleh karena itu, marilah kita ajak anak bersama-sama untuk mensyukuri bahwa dirinya diciptakan sempurna sesuai dengan gambaran-Nya dan mereka begitu berharga di mata-Nya.

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami