Belajar Dari 4 Tokoh Alkitab yang Narsis Ini, Jangan Sampai Kita Jadi Seperti Mereka
Sumber: canva.com

Relationship / 23 June 2022

Kalangan Sendiri

Belajar Dari 4 Tokoh Alkitab yang Narsis Ini, Jangan Sampai Kita Jadi Seperti Mereka

Claudia Jessica Official Writer
6838

3. Nebukadnezar

Raja Babel yang memerintah dari tahun 605 SM hingga 562 SM ini adalah seorang yang egois dan selalu berpikir bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain. Bahkan dia menganggap dirinya lebih tinggi dari Tuhan. Dia menolak mengakui Tuhan dan terus membanggakan dirinya sebagai pemimpin tertinggi.

Akibat kesombongan dan narsismenya, Tuhan mengutuk Nebukadnezar menjadi seperti binatang buas sampai dia mengakui bahwa Tuhan benar-benar ditinggakan sebagai Tuhan Yang Mahatinggi (Daniel 4: 1-35).

Setelah menjadi seperti binatang, Nebukadnezar akhirnya mengakui Tuhan sebagai yang paling Tinggi, dan Tuhan mengembalikannya ke pikirannya yang waras. Kita dapat belajar melalui narsisme Nebukadnezar bahwa cara hidup yang benar adalah dengan merendahkan diri dan menyerahkan hidup kita kepada Tuhan.

Kita tidak boleh percaya diri kita lebih tinggi dari Tuhan dan kita juga tidak boleh bertindak angkuh melawan Tuhan. Nebukadnezar adalah contoh sempurna dari seorang narsisis yang kehilangan segalanya karena narsismenya. Sebagai orang Kristen, kita dapat belajar dari perilaku buruknya dan menghindari kesalahan yang sama seperti Nebukadnezar.

 

4. Setan

Karakter Alkitab narsistik keempat yang dapat kita pelajari adalah Setan. Setan telah ada sejak lama, mencoba membuat manusia menjadi kacau dan jatuh. Dia adalah ular di Taman Eden yang menggoda Hawa untuk memakan buah (Kejadian 3:1-24). Sampai hari ini, Setan ingin semua orang menyembah dan mengikutinya daripada Tuhan. Kejahatan, keburukan, dan dosa adalah aspek inti dari seluruh keberadaan Setan. Dia tidak peduli dengan siapa pun kecuali dirinya sendiri.

 

BACA JUGA: 3 Pelajaran Penting dari Zipora, Istri Sekaligus Penolong Musa Dalam Menyelamatkan Israel

 

Kita bisa belajar banyak dari Setan dan sikap narsisnya. Salah satunya, kita tidak perlu meniru perilakunya karena hanya merugikan diri kita sendiri, orang lain, dan Tuhan. Setan akan menggunakan, memanipulasi, dan menyalahgunakan siapa pun untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Sebagai orang Kristen, kita perlu mengambil sikap melawan rencana iblis (Efesus 6:10-18), tetapi kita juga harus memastikan bahwa kita tidak bertindak dengan cara yang tidak jujur ​​dan menipu. Setan ingin kita mengikuti cara hidupnya yang narsis karena dia tahu itu akan menjauhkan kita dari Tuhan dan orang-orang yang kita kasihi. Kita dapat belajar dari Setan pentingnya mengikuti Tuhan dan menjauhi kejahatan.

Di masa depan, Setan akan dilemparkan ke dalam lautan api bersama dengan iblis-iblisnya, antikristus, nabi palsu, dan semua orang yang menolak Kristus (Wahyu 20:10). Ini adalah hukuman karena berpikir kita lebih baik dari Tuhan dan bahwa kita tidak membutuhkan-Nya. Sebagai manusia, kita perlu belajar dari narsisme Setan agar kita tidak membuat kesalahan besar yang sama dengan percaya bahwa kita tidak harus melayani Tuhan atau menaatinya. Ini adalah bisnis yang berbahaya ketika kita berpikir kita harus mengikuti diri kita sendiri daripada Tuhan.

 

Ini hanya empat karakter narsistik Alkitab yang dapat kita pelajari, namun masih banyak lagi di seluruh Alkitab. Sebagai orang Kristen, kita perlu dididik tentang narsisme dan bahaya yang menyertai cara berpikir dan hidup ini. Narsisme dapat menyebabkan kita melakukan hal-hal yang buruk, seperti berbohong, memanipulasi, bahkan membunuh orang lain untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Sebagai orang Kristen, kita perlu menjauhkan diri dari perilaku narsis dan sebaliknya merendahkan diri di hadapan Tuhan dan sesama. Kehidupan narsis tidak membawa kemuliaan bagi Tuhan, tetapi kehidupan cinta, kasih sayang, dan pelayanan kepada-Nya membawa kemuliaan yang ada pada nama Tuhan yang kudus.

 

Kamu merasa terberkati dengan Artikel ini? Bagikan artikel ini agar kamu juga bisa menjadi berkat!

Terus dukung jawaban.com memproduksi konten-konten yang memberkati lainnya dengan menjadi Mitra CBN! Mari kita bersama-sama menjadi berkat bagi banyak orang! Daftarkan diri Anda sekarang juga melalui tombol di bawah ini:

 

DAFTAR MITRA CBN

Sumber : iBelieve
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami