Fakta Alkitab: Mujizat Air Jadi Anggur di Kana, Asalnya dari Air Pembasuh Kaki
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 13 August 2023

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Mujizat Air Jadi Anggur di Kana, Asalnya dari Air Pembasuh Kaki

Claudia Jessica Official Writer
6219

Ketika itu, Yesus memerintahkan pelayan-pelayan di sebuah pesta pernikahan untuk memenuhi enam tempayan dengan air. Masing-masing tempayan berkapasitas hampir 100 liter. Karena semua tempayan itu kosong, maka Yesus memerintahkan pelayan mengisi air dalam semua tempayan itu.

Di tempat itu pasti ada tempayan-tempayan lain yang masih berisi air, sebab tuan rumah pasti menyediakan banyak tempayan demi mengantisipasi banyaknya tamu undangan. Tetapi semuanya pasti digunakan oleh para tamu yang hadir sehingga Yesus menggunakan enam tempayan yang kosong.

 

Air yang Yesus ubah menjadi anggur memiliki kualitas tinggi

Minuman anggur yang menjadi kebutuhan pesta itu bukanlah anggur yang memabukkan. Bangsa Yahudi masih memegang hukum-hukum agama yang kuat sehingga minuman memabukkan adalah haram. Mereka mengkonsumsi minuman anggur, baik yang berbentuk sari buah atau hasil fermentasi. Khusus untuk minuman dari anggur fermentasi, mereka akan campur dengan air dengan perbandingan tertentu, sehingga tidak memabukkan.

Dalam hal ini, jika Yesus membutuhkan sejumlah volume air karena Dia ingin membuat mujizat minuman anggur yang berkualitas dan tidak melanggar aturan keagamaan.

Dan Mujizat itu terjadi, saat Yesus menyuruh para pelayan mencedok isinya atau memindahkan ke wadah yang lebih kecil. Seketika itu juga air berubah menjadi anggur. Lalu, ketika pemimpin pesta mencicipi minuman anggur itu, dia terperanjat. Dia mendapati minuman anggur yang nikmat. Hal itu juga diiyakan oleh para tamu yang merasa tetap memperoleh anggur berkualitas di penghujung pesta.

Mujizat air menjadi anggur ini telah menyelamatkan tuan rumah dari rasa malu karena berkaitan persediaan minuman anggur tidak kekurangan. (Yohanes 2:6-8)

Membasuh kaki mengajarkan kita bahwa bukan hanya kebersihan secara jasmani yang perlu kita jaga, tetapi juga kerendahan hati untuk melayani orang lain, seperti yang Yesus teladankan sendiri.

Apa pendapat Anda dengan tradisi mencuci kaki yang di kupas oleh Fakta Alkitab kali ini?

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami