Red Sea Miracle II, Film Pembangun Iman tentang Kitab Keluaran
Sumber: patternsofevidence.com

News / 21 June 2022

Kalangan Sendiri

Red Sea Miracle II, Film Pembangun Iman tentang Kitab Keluaran

Claudia Jessica Official Writer
7011

Penyebrangan Laut Merah adalah salah satu kisah Alkitab yang terkenal sekaligus kisah yang paling diejek oleh banyak sarjana modern yang tidak hanya menyangkal mujizat terbelahnya laut, tetapi juga kisah Alkitab tentang ratusan ribu orang Ibrani diperbudak.

Red Sea Miracle II adalah sekuel film Red Sea Miracle IRed Sea Miracle II yang dibuat oleh Tim Mahoney ini memeriksa bukti arkeologis untuk penyebrangan Laut Merah dan juga berbagai situs di mana hal itu mungkin terjadi. Red Sea Miracle II akan disiarkan secara online mulai 17 Juli.

Inilah 3 alasan kenapa kamu harus menonton Red Sea Miracle II:

 

1. Cenderung kepada Alkitab

Mahoney mewawancarai banyak cendekiawan dari berbagai kamp, namun ia kembali kepada Alktitab secara teratur. Ia bertanya kepada berbagai para ahli bagaimana sudut pandang mereka sesuai dengan Kitab Suci.

“Jika cerita Alkitab memberitahu kita sesuatu yang terjadi, dan jika Alkitab menggambarkan dirinya sebagai dokumen sejarah, maka harus ada pola bukti yang bisa kamu temukan,” katanya kepada crosswalk.

Para cendekiawan kamp ‘Mesir’ percaya bahwa orang-orang Ibrani menempuh perjalanan pendek di sepanjang rute dari Mesir ke perairan di utara Teluk Suez. Mereka berpendapat bahwa Allah membelah laut dengan cara hukum alam yaitu dengan angin besar.

Sedangkan pada cendekiawan di kamp ‘Ibrani’ menyatakan bahwa orang Ibrani menempuh jarak yang lebih jauh dengan menempuh rute melalui padang pasir semenanjung Sinai ke Teluk Aqaba (yang terletak di sebelah timur Teluk Suez). Mereka berpendapat bahwa Allah membelah laut melalui cara-cara supernatural.

 

Baca juga: 4 Pelajaran Alkitabiah yang Dapat Kita Petik dari Film I Still Believe

 

"Saya pribadi condong ke arah pendapat kamp Ibrani dan pandangannya tentang Keluaran dalam skala besar, karena saya pikir itu cocok dengan apa yang dijelaskan Alkitab," kata Mahoney dalam film itu.

Mahoney mengaku bahwa dia senang mewawancarai orang-orang dari berbagai sudut pandang.

"Ketika kamu berbicara dengan orang-orang dari berbagai sudut pandang, audiensi menjadi bebas untuk membuat keputusan," katanya. "Dan yang saya temukan adalah bahwa film saya lebih kuat ketika ada lebih banyak pilihan."

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

 

2. Mengatasi Kontroversi Ron Wyatt

Ron Wyatt, yang meninggal pada tahun 1999, adalah seorang petualang / penjelajah Kristen yang membuat klaim luar biasa yang menarik perhatian dunia selama tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an. Di antara dugaan penemuan arkeologisnya: kolom-kolom yang menandai persilangan Musa di Laut Merah, dan roda kereta Mesir di dasar laut.

"Seiring waktu, klaim oleh Wyatt dan penjelajah Keluaran lainnya menjadi banyak dikritik karena ketidakmampuan mereka untuk memverifikasi temuan mereka serta pandangan amatir mereka," kata Mahoney dalam film tersebut. "Beberapa orang percaya dia dipimpin oleh Tuhan. Tetapi ada orang lain yang berargumen bahwa dia adalah penipu hanya untuk menghasilkan uang. ”

Kontroversi tersebut menyebabkan para sarjana mengabaikan Teluk Aqaba sebagai opsi untuk penyeberangan orang Ibrani, kata Mahoney, meskipun Mahoney mengatakan bahwa jurang pemisah paling cocok dengan kisah alkitabiah.

Mahoney mewawancarai orang-orang yang mengenal Wyatt, termasuk seorang pria yang mengatakan dia melihat roda kereta. Film ini juga menunjukkan penyelam menyelam ke teluk, mencari bukti dengan detektor logam. (“Kami telah menemukan paduan suara berbentuk menarik” yang terlihat seperti roda, kata seorang penyelam.)

 

3. Membangun Iman

Film ini tetap fokus pada apa yang dikatakan Alkitab sambil memeriksa bagaimana medan dan iklim di wilayah itu akan dengan mudah cocok dengan teks Keluaran, bertentangan dengan apa yang dikatakan banyak sarjana modern mungkin.

Bagaimanapun, Keluaran adalah gambaran kehidupan nyata dari apa yang terjadi dalam Perjanjian Baru.

 

Baca juga: Weekend Seharian di Rumah? Mending Nonton 7 Film Kristen Ini Aja Yuk di Netflix

 

“Tujuan dari Keluaran adalah untuk memberi harapan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan,” kata Jason DeRouchie dari Seminari Teologi Midwestern Baptist dalam film tersebut.

"Jika Tuhan mengalahkan musuh terbesar, akankah Dia juga melakukan semua yang kita butuhkan? Inilah sebabnya mengapa para nabi dapat menggunakan keluaran sebagai pola untuk kepergian yang lebih besar. Dan mereka menghubungkan keluaran kedua dengan Mesias."

Nah itu dia alasan mengapa film ini layak ditonton. Apakah kamu tertarik?

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami