5 Alasan Alkitabiah Kenapa Aborsi Itu Tindakan yang Salah
Sumber: euractive.com

Kata Alkitab / 16 June 2022

Kalangan Sendiri

5 Alasan Alkitabiah Kenapa Aborsi Itu Tindakan yang Salah

Lori Official Writer
2460

Alkitab menekankan tentang berharganya nilai kehidupan. Yeremia 1: 5 menyampaikan bagaimana Tuhan berkarya membentuk satu kehidupan sejak dalam kandungan.

“Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa.”

Di Yesaya 49: 1b juga menyampaikan campur tangan Tuhan atas karya kehidupan sejak di dalam kandungan. “TUHAN telah memanggil aku sejak dari kandungan telah menyebut namaku sejak dari perut ibuku.”

Terlepas dari kondisi tertentu yang dialami oleh wanita hamil, seperti kehamilan yang mengancam nyawa atau kondisi janin tertentu yang mengharuskan wanita aborsi. Pada hakikatnya, praktik aborsi yang dilakukan karena alasan tidak menginginkan kehadiran anak yang dikandung merupakan perbuatan yang melanggar kodrat ilahi.

Ada 5 alasan alkitabiah mengapa aborsi dianggap sebagai tindakan yang salah.

1# Aborsi sama dengan kejahatan

Sejak janin masuk ke dalam rahim dan berkembang, itu artinya sebuah kehidupan sedang terjadi. Ada sosok kecil yang sedang berjuang untuk terus berkembang hidup di sana. Karena itulah praktik aborsi yang dilakukan dengan motif untuk menghentikan kehidupan tersebut merupakan tindakan kejahatan. 

Alkitab sendiri memperingatkan kita untuk ‘Jangan membunuh’ (Ulangan 5: 17). Lalu bagaimana mungkin kita masih membenarkan aborsi?

 

2# Aborsi menentang karya penciptaan Allah

Kita percaya bahwa Tuhan terlibat dalam karya penciptaan kita, seperti yang dicatat dalam Yeremia 1: 5 dan Yesaya 49: 1b

Karena itulah setiap orang yang berusaha menghentikan penciptaan tersebut berarti menentang rancangan Tuhan. Roma 14: 23 berkata bahwa setiap tindakan yang bukan dari kebenaran (iman) adalah dosa.

 

Baca Juga: #KataAlkitab: Alkitab Punya Aturan Aborsi?

 

3# Tidak memuliakan Tuhan

Semua orang dibentuk melalui karya penciptaan yang sama. Bayangkan apa yang akan Tuhan pikirkan ketika kita sedang mencoba menghambat proses penciptaan yang sudah Dia tetapkan atas hidup seseorang.

Tentunya ini adalah tindakan melawan rancangan Tuhan atau tidak memuliakan Dia. 

“Bukankah Ia, yang membuat aku dalam kandungan, membuat orang itu juga? Bukankah satu juga yang membentuk kami dalam rahim?” (Ayub 31: 15) 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami