4 Pelajaran yang Bisa Dipetik Karyawan Dari PHK Besar-besaran Perusahaan Startup
Sumber: workew

Finance / 15 June 2022

Kalangan Sendiri

4 Pelajaran yang Bisa Dipetik Karyawan Dari PHK Besar-besaran Perusahaan Startup

Lori Official Writer
3230

Ande Frazier, perencana keuangan dan CEO MyWorth mengajurkan supaya pengeluaran yang kurang penting bisa dipotong seperti biaya ke gym, langganan streaming berbayar, meminimalisir biaya transportasi, biaya isi ulang otomatis, dan meminimalisir belanja yang tidak dibutuhkan.

 

3. Cari Tambahan Untuk Menutupi Cicilan

Anda mungkin memiliki cicilan rumah atau kendaraan yang masih terus berjalan. Sementara gaji Anda kurang mendukung untuk menutupi cicilan bulanannya. Dalam kondisi ini, cobalah mencari tambahan untuk menutupi cicilan tersebut. Dengan itu, sisa gaji bulanan Anda masih bisa dialokasikan untuk tabungan dana darurat.

 

Baca Juga: Dijuluki Sebagai Sahabat Para Start Up, Andy Zain Bicara Soal Peluang Ledakan Teknologi

 

4. Bangun Jaringan yang Lebih Luas

Selama masih aktif bekerja, cobalah untuk terus membangun jaringan dengan lebih banyak orang. Dengan itu, Anda bisa mendapatkan referensi lowongan pekerjaan jika sewaktu-waktu Anda harus di-PHK. 

Pastikan juga Anda lebih giat menggali skill-skill baru untuk mendukung Anda memperoleh pekerjaan baru. Atau Anda juga bisa mulai menggali potensi bisnis yang ada di dalam diri Anda. Temukan peluang bisnis apa yang kemungkinan berhasil untuk Anda rintis.

 

5. Pelajari Tentang Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

Karyawan perlu tahu bahwa pemerintah memiliki program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) bagi karyawan yang di-PHK. Program ini dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Cari tahulah program kerjanya dan mulai mendaftar untuk mendapatkan peluang tersebut.

Tentunya Anda patut bersyukur jika hingga saat ini perusahaan tempat Anda bekerja masih mengalami kondisi yang stabil. Karena itu teruslah berkati tempat pekerjaan Anda dan minta Tuhan juga memberkati setiap pekerjaan dan kehidupan Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami