Cara Kreatif Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Kepada Anak
Sumber: unsplash

Relationship / 15 June 2022

Kalangan Sendiri

Cara Kreatif Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Kepada Anak

Contasia Christie Official Writer
3495

Sebagai orang dewasa, mengerti tentang Trinitas atau Tritunggal tidak mudah, apalagi anak-anak. Cara kita menjelaskannya pada mereka tentunya harus sesuai dengan konteks pemahaman mereka dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sayangnya, tidak sedikit akhirnya orang tua yang menyerah dan menyerahkan tanggung jawab ini kepada guru sekolah minggu atau pendetanya.

Tapi jangan putus asa dulu ya, Parents. Kita bisa lho mengajarkan anak-anak tentang konsep Trinitas atau Tritunggal dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Mungkin anak awalnya bingung kenapa Tuhan ada tiga, Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus. Namun dengan kreativitas, anak pasti mudah mengerti. Caranya seperti ini:

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Menggunakan air

Seperti yang kita tahu saat sekolah dulu, air (H2O) bisa memiliki 3 wujud. Air yang berbentuk cair, es batu yang merupakan air padat, dan uap air (saat air dipanaskan dan menguap). Ketiganya adalah AIR atau molekul H2O yang sama. Tapi kekurangan ilustrasi ini adalah H2O tidak bisa menjadi ketiganya dalam waktu yang bersamaan. Berbeda dengan kata Alkitab yang berkata bahwa Tuhan adalah Bapa, Anak, dan Roh Kudus dalam waktu bersamaan juga.

 Baca juga : Dari Salib Sampai Pentakosta

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal dengan gambar

Kakak bisa menyediakan kertas atau papan dengan 3 spidol/pensil warna/crayon warna berbeda. Misalnya merah, biru, dan kuning. Buatlah gambar lingkaran dengan ketiga pewarna itu saling bertindihan satu dengan lainnya. Sampai tercipta 3 lingkaran dengan warna berbeda tapi dalam 1 lingkaran. Ketiga lingkaran itu menggambarkan tentang Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus namun dalam 1 tubuh (lingkaran).

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal ilustrasi matahari

Setiap harinya matahari terbit dan menerangi siang. Matahari bersinar dan memberikan kehangatan (bahkan panas) . Kita tidak bisa memiliki matahari tanpa panas dan cahaya. Ini adalah ketiga hal (matahari, cahaya, dan panas) yang berbeda tapi satu hal, sama seperti Trinitas atau Tritunggal.

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami