Cara Kreatif Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Kepada Anak

Relationship / 15 June 2022

Kalangan Sendiri

Cara Kreatif Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Kepada Anak

Contasia Christie Official Writer
1053

Sebagai orang dewasa, mengerti tentang Trinitas atau Tritunggal tidak mudah, apalagi anak-anak. Cara kita menjelaskannya pada mereka tentunya harus sesuai dengan konteks pemahaman mereka dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sayangnya, tidak sedikit akhirnya orang tua yang menyerah dan menyerahkan tanggung jawab ini kepada guru sekolah minggu atau pendetanya.

Tapi jangan putus asa dulu ya, Parents. Kita bisa lho mengajarkan anak-anak tentang konsep Trinitas atau Tritunggal dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Mungkin anak awalnya bingung kenapa Tuhan ada tiga, Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus. Namun dengan kreativitas, anak pasti mudah mengerti. Caranya seperti ini:

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal Menggunakan air

Seperti yang kita tahu saat sekolah dulu, air (H2O) bisa memiliki 3 wujud. Air yang berbentuk cair, es batu yang merupakan air padat, dan uap air (saat air dipanaskan dan menguap). Ketiganya adalah AIR atau molekul H2O yang sama. Tapi kekurangan ilustrasi ini adalah H2O tidak bisa menjadi ketiganya dalam waktu yang bersamaan. Berbeda dengan kata Alkitab yang berkata bahwa Tuhan adalah Bapa, Anak, dan Roh Kudus dalam waktu bersamaan juga.

 Baca juga : Dari Salib Sampai Pentakosta

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal dengan gambar

Kakak bisa menyediakan kertas atau papan dengan 3 spidol/pensil warna/crayon warna berbeda. Misalnya merah, biru, dan kuning. Buatlah gambar lingkaran dengan ketiga pewarna itu saling bertindihan satu dengan lainnya. Sampai tercipta 3 lingkaran dengan warna berbeda tapi dalam 1 lingkaran. Ketiga lingkaran itu menggambarkan tentang Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus namun dalam 1 tubuh (lingkaran).

 

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal ilustrasi matahari

Setiap harinya matahari terbit dan menerangi siang. Matahari bersinar dan memberikan kehangatan (bahkan panas) . Kita tidak bisa memiliki matahari tanpa panas dan cahaya. Ini adalah ketiga hal (matahari, cahaya, dan panas) yang berbeda tapi satu hal, sama seperti Trinitas atau Tritunggal.

Menjelaskan Trinitas atau Tritunggal melalui peran

Inilah yang pernah orang tua mimin ajarkan saat mimin masih kecil. Saat itu mimin bisa menerimanya karena menurut mimin lebih masuk logika, tapi sebenarnya tidak begitu tepat juga. Jadi papanya mimin berkata, Trinitas atau Tritunggal itu bagaikan si papa sendiri. Di keluarga papa punya peran sebagai “Bapak” untuk anak-anak. Di kantor, ia bekerja sebagai pegawai. Sedangkan di gereja, ia adalah majelis yang berperan melayani jemaat. Ketiganya adalah satu, yaitu papa. Tapi mereka punya peran yang berbeda pada masa dan tempat yang berbeda.

Sebenarnya tidak ada ilustrasi yang sempurna menggambarkan tentang Trinitas atau Tritunggal itu sendiri. Itulah misteri keimanan kita. Tapi setidaknya kita sebagai orang tua dan guru sekolah minggu menjelaskan dan mencoba memecahkan secara mudah agar anak bisa memahaminya dengan baik dengan analogi sederhana. Alkitab sendiri telah berkali-kali menjelaskan kepada kita bahwa tidak ada yang seperti Tuhan (Keluaran 8:10, 9:14; Ulangan 33:26, 34:11; dan Yeremia 10:6-7). Dia adalah satu-satunya Tuhan yang hidup, tidak seperti siapapun atau apapun.

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami