5 Ayat Alkitab tentang Mengelola dan Mengatur Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui
Sumber: pexels

Finance / 13 June 2022

Kalangan Sendiri

5 Ayat Alkitab tentang Mengelola dan Mengatur Keuangan yang Perlu Kamu Ketahui

Contasia Christie Official Writer
8799

Salah satu fungsi Alkitab adalah sebagai buku panduan hidup manusia agar mengerti kehendak Allah dalam hidupnya. Saat kita menghadapi masalah, firman Tuhan mampu menuntun dan menguatkan kita dalam setiap pengambilan keputusan. Seperti halnya dalam hal mengelola keuangan. Namun sebelum kita mengetahui lebih jauh, bagaimana caranya mengelola keuangan dengan baik mari kita lihat terlebih dulu ayat-ayat Alkitab yang bisa memberikan tuntunan kepada kita tentang hal ini.

Saat kita tidak mampu mengatur keuangan dengan tepat, maka akan ada bibit konflik, pertengkaran, bahkan perpecahan. Oleh karena itu, petunjuk firman Tuhan ini sangat penting bagi kita agar bisa menggunakan apa yang Tuhan percayakan kepada kita berupa uang ini dengan lebih bijak. Menurut Pdt. Dr. Leonardo A. Sjamsuri, berikut ini ayat-ayat Alkitab yang bisa membantu kita dalam mengatur keuangan.

 

1. Amsal 28: 20

“Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, tetapi orang yang ingin cepat menjadi kaya, tidak akan luput dari hukuman.”

Jadi kalau orang ingin mendapatkan banyak berkat dari Tuhan, kuncinya dia harus bisa dipercaya. Salah satu bisa dipercaya adalah mampu mengelolanya dengan baik. Jadi bukan orang yang memboroskannya. Banyak orang yang terjebak dengan hutang demi bisa memberikan ‘kesan’ kepada orang lain. Bahkan ada orang yang masuk ke penjara karena salah mengelolanya.

Baca juga : Dari Ayub Sampai Paulus,Yuk Belajar Kelola Uang Ala Tokoh Alkitab. Mana Yang Cocok Buatmu?

 

2. Kejadian 2: 4-5

“Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan. Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu.”

Tuhan menciptakan manusia untuk mengusahakan bumi. Banyak orang kehabisan uang, bukan karena mereka tidak punya, tapi tidak bisa mengelola.

 

3. Lukas 16: 11

“Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?”

Kalau kita tidak setia dalam mengelola uang (tidak jujur), lalu siapa yang bisa percaya dengan kita? Jadi bagaimana seseorang mengelola keuangan, akan menentukan seberapa orang ini akan menerima hikmat, pengertian, dan kedalaman firman Tuhan yang akan dia dapatkan. 

Baca selanjutnya ------------------->

Bahkan orang yang tidak bisa dipercaya dalam hal keuangan, sulit untuk dipercaya dalam hal lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa mengelola keuangan, salah satunya kita bisa belajar dari firman Tuhan itu sendiri.

 

4. Amsal 21: 20

“Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.”

Ayat ini menyamakan orang boros dan orang bebal. Tuhan mengajarkan kita untuk hemat, bukan pelit. Orang pelit adalah orang yang boros untuk dirinya sendiri. Orang pelit itu tidak murah hati. Tapi orang boros, juga salah. Justru kita harus menjadi orang hemat, mampu dan paham prinsip mengelola keuangan. Dia tahu uang yang harus dikeluarkan. Dia tahu cara merasa cukup dan bersyukur. Asal ada makan, pakaian, itu cukup.

 

5. Pengkhotbah 2:10

“Aku tidak merintangi mataku dari apapun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan hatiku dari sukacita apapun, sebab hatiku bersukacita karena segala jerih payahku. Itulah buah segala jerih payahku.”

Inilah yang namanya lapar mata. Mereka tidak bisa menentukan mana yang menjadi prioritas. Bahkan ada orang yang hidup untuk gaya dan dipandang orang.

 

Yuk kita jadikan Alkitab sebagai panduan kita untuk bisa memahami, mengelola dan mengatur keuangan pribadi kita. 

Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami