First Jobber Bingung Membuat Financial Checklist, Coba Mulai Dari Sini
Sumber: xframe.com

Finance / 9 June 2022

Kalangan Sendiri

First Jobber Bingung Membuat Financial Checklist, Coba Mulai Dari Sini

Aprita L Ekanaru Official Writer
2906

Setelah menyelesaikan pendidikan, banyak orang belomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan. Selain mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang diinginkan, besarnya jumlah pendapatan juga seringkali menjadi salah satu bahan pertimbangan penting.

Namun ada hal yang tidak kalah penting, alih-alih mencari pendapatan yang besar, tetapi masih bingung untuk mengatur financial. Cara Anda mengatur pendapatan akan mempengaruhi financial Anda di masa depan.

 

BACA JUGA: Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Dana Darurat

 

Lalu bagaimana sebaiknya ketika kita baru bekerja dan mendapatkan gaji pertama? Coba lakukan bebrapa hal di bawah ini:

 

1. Membuat anggaran bulanan

Sebelum Anda merasa uang Anda habis begitu saja, sebaiknya Anda membuat anggaran bulanan terlebih dahulu setelah menerima gaji. Membuat anggaran bulanan akan membuat setiap pengeluaran Anda menjadi lebih tepat sasaran. Anda bisa memulainya dengan membuat anggaran pengeluaran selama satu bulan, sehingga Anda dapat mengutamakan membayar tagihan tepat waktu dan mengatur jumlah uang yang akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam sebulan.

 

2. Mulai mencicil dana darurat

Dana darurat merupakan istilah yang digunakan untuk sejumlah uang yang sengaja disisihkan untuk kebutuhan mendesak. Bagaimana menentukan jumlah dana darurat? Biasanya dana darurat yang dipersiapkan minimal sebesar 6 kali dari rata-rata kebutuhan bulanan Anda. Misalnya pengeluaran bulanan Anda Rp 5 juta, maka Anda harus mempersiapkan dana darurat Anda minimal sebesar Rp 30 juta.

 

3. Menyiapkan asuransi kesehatan

Sehat itu sangat mahal, oleh sebab itu tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti asuransi kesehatan. Jika anggaran belum cukup untuk mengikuti asuransi kesehatan, minimal Anda harus memiliki proteksi kesehatan seperti BPJS Kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

4. Tentukan financial goals

Setiap orang memiliki financial goals yang berbeda-beda, tentukanlah financial goals Anda sejak dini agar semakin cepat Anda dapat mewujudkannya. Set target yang sesuai dengan penghasilan Anda dan set berapa lama waktu yang dibutuhkan.

 

BACA JUGA: Salah Satu Kunci Sukses yaitu Mengatur Keuangan. Inilah 7 Nasihat Warren Buffet untuk Kamu

 

5. Dana self rewards

Anda pasti sudah berkeja keras untuk sampai di tahap ini, jangan lupa berikan diri Anda self reward. Namun harus tetap bijaksana, agar tidak berakhir menjadi pemborosan sehingga bisa membuat rencana keuangan Anda menjadi berantakan.

 

6. Jangan lupa untuk bersyukur

Bersyukurlah dengan gaji yang Anda terima, sebab Anda bisa mendapatkannya karena Tuhan telah memberkati hidup Anda. Begitu banyak ucapan syukur yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan berdonasi untuk membantu kegiatan kemanusiaan.

Semoga Anda bisa segera memulai untuk merencanakan financial checklis Anda, serta dapat menjalankannya dengan disiplin agar segera tercapai tujuan financial Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami