Candi Borobudur Batasi Pengunjung? Pilih Alternatif Liburan ke 4 Tempat Ini Yuk
Sumber: okezone

News / 7 June 2022

Kalangan Sendiri

Candi Borobudur Batasi Pengunjung? Pilih Alternatif Liburan ke 4 Tempat Ini Yuk

Lori Official Writer
2039

Sebentar lagi masyarakat Indonesia tidak akan bisa secara bebas berkunjung ke cagar alam Candi Borobudur yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah. 

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa harga tiket masuk ke Borobudur akan dinaikkan menjadi Rp 750.000 untuk wisatawan domestik dan 100 US dolar untuk wisatawan mancanegara.

Perubahan regulasi ini rupanya muncul karena kondisi Candi Borobudur sudah semakin memprihatinkan akibat tindakan pengunjung yang dinilai kurang peduli dengan nilai sejarah Candi Borobudur. Karena itu pemerintah berencana membatasi pengunjung dengan meningkatkan harga tiket. 

 

Baca Juga: Candi Borobudur yang Kaya Akan Kemegahan Masa Lalu

 

Dengan tiket seharga Rp 750.000 tentu saja akan terasa berat bagi Anda jika harus membawa seluruh keluarga untuk liburan menikmati candi ini bukan? 

Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita mendukung kebijakan pemerintah jika hal itu bertujuan untuk kebaikan. Tapi bukan berarti Anda gak bisa liburan. Masih banyak alternatif tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selain Candi Borobudur.

Berikut 4 pilihan diantaranya:

1. Bukit Rhema Gereja Ayam

Bukit rhema gereja ayam berlokasi tidak jauh dari Borobudur yaitu di Desa Karangrejo dan Desa Kembanglimus di Kecamatan Borobudur. Tempat ini awalnya dibangun untuk tempat ibadah, namun seiring waktu fungsinya dialihkan menjadi tempat ziarah dan wisata. 

Gereja ini dibangun dengan bentuk yang menyerupai burung merpati dan sempat menarik perhatian karena digunakan sebagai lokasi syuting film “Ada Apa dengan Cinta?”

Menariknya, gereja ini memiliki tujuh lantai dan setiap lantai memiliki fungsi yang berbeda - beda.

 

Baca Juga: Wow, Gereja Ini Semakin Terkenal Karena Film AADC 2

 

2. Gua Maria Watu Blencong

Gua Maria Watu Blencong berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gua Maria ini berada dalam satu wilayah dengan gua Maria yang lainnya yaitu Gua Maria Lawangsih, Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Jatiningsih. Setiap gua memiliki jarak sekitar 7 km saja. 

Saat berkunjung ke sini, pengunjung bisa menikmati suasana dan keindahan alam dari Gua Maria Watu Blencong. Ini juga bisa jadi tempat yang sangat pas untuk menepi dan mencari Tuhan dalam doa yang khusyuk.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

3.  Desa Wisata Candirejo

Desa Wisata Candirejo tak kalah indah dari Candi Borobudur. Letaknya pun tak jauh dari Candi Borobudur, yaitu berlokasi di Desa Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dengan panorama Gunung Menoreh, desa yang awalnya merupakan tempat transit dan menginap wisatawan menuju Candi Borobudur ini justru terus berkembang menjadi destinasi wisata yang beragam.

Di sini, pengunjung bisa melakukan serangkaian jelajah desa wisata, mulai dari:

- Menikmati pemandangan asri sekitar Perbukitan Menoreh

- Wisata kuliner warga lokal

- Offroad sekitar desa wisata Candirejo

- Menangkap ikan secara langsung di sungai dengan cara tradisional

- Belajar kerajinan pahat batu

 

Baca Juga: Dua Wisata Rohani yang Wajib Kamu Sambangi Kalau Lagi di Kuningan

 

4. Puncak Widodari

Puncak Widodari merupakan salah satu tujuan wisata di sekitar Perbukitan Menoreh. Puncak Widodari bisa ditempuh dari dua jalur. Pertama, jalur Wates yang berkisar sejauh 48 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Kedua, jalur Yogyakarta yang hanya berjarak sekitar 36 km atau jarak tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Puncak Widodari ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari atas ketinggian inilah keindahan sekitar bisa pengunjung nikmati.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami