Hanya yang Sudah Dewasa Iman yang Mampu Lakukan 7 Hal Ini

Kata Alkitab / 4 June 2022

Kalangan Sendiri

Hanya yang Sudah Dewasa Iman yang Mampu Lakukan 7 Hal Ini

Lori Official Writer
2413

Dalam hidup, kita akan berhadapan dengan beragam kondisi yang secara manusiawi sulit untuk kita terima. Karena kelemahan inilah kita memerlukan kekuatan dari Tuhan untuk memampukan kita menghadapinya. 

Semakin kita belajar dan menghidupi kebenaran firman Tuhan, semakin kuat pula kita dalam menghadapi beragam kondisi hidup kita. Di saat Anda mampu menghadapi perilaku sulit manusia dan rumitnya persoalan yang muncul, saat itulah Anda dinyatakan sudah dewasa iman. 

Ketahuilah bahwa hanya orang-orang yang sudah dewasa iman yang mampu melakukan 7 hal ini:

1# Rendah Hati

Ini adalah perintah tersulit yang mungkin diperintahkan Tuhan untuk dimiliki oleh orang-orang percaya. Alkitab berkata bahwa barangsiapa yang merendahkan diri, maka Tuhan akan meninggikan mereka.

Mereka yang sudah dewasa iman tentu saja sudah menghidupi hal ini dan menerapkannya bahkan ketika berhadapan dengan orang lain atau keadaan.

 

2# Melayani Orang Lain

Apakah Anda suka dengan gambaran Tuhan yang disampaikan di dalam Yohanes 13? Yesus membasuh kaki para murid. Bukankah hal itu hanya dilakukan oleh seorang budak atau hampa kepada tuannya? 

Namun tindakan ini justru dipandang mulia oleh Tuhan. Karena sedikit orang yang mau melakukan hal ini. Dan hanya orang yang memahami kasih Tuhan yang mampu melakukannya.

 

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Seorang Pemimpin yang Sudah Dewasa Rohani

 

3# Berani Mengakui Kesalahan

Di dalam 1 Yohanes 1: 9, disebutkan bahwa saat kita mengakui dosa (kesalahan) kita, maka Tuhan juga akan mengampuni segala dosa kita. 

Tentu saja ini hal yang sulit dilakukan, tetapi orang yang sudah dewasa iman akan melakukannya.

 

4# Tidak Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih adalah bentuk dari penghargaan dari tindakan atau kebaikan yang dilakukan orang lain terhadap kita. Seharusnya tidaklah sulit untuk mengucapkan dua kata ini. Mereka yang sudah dewasa iman tentu saja tidak pernah lupa mengucapkan terima kasih kepada orang lain.

 

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Kristen Sulit Dewasa Secara Rohani, Anda Mengalami Ini?

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

5# Tahan Uji

Tidak ada orang yang suka dengan penderitaan. Namun Alkitab berkata bahwa cobaan iman merupakan proses untuk membentuk karakter kita. Seseorang yang tetap bertahan menghadapi penderitaan bisa dikatakan adalah orang yang kuat secara iman.

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.” (Roma 5: 3-4)

 

6# Tetap Bersukacita Meski Dianiaya

“Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.” (Matius 5: 11-12)

Tidak banyak yang bisa melakukan hal ini, kecuali mereka yang benar-benar hidup mengasihi Tuhan.

 

Baca Juga: Aku Lebih Dewasa Rohani dari Dia, Masalah Gak Sih Kalau Aku Pacaran Sama Dia?

 

7# Tetap Memuji Tuhan di Tengah Kondisi Sulit

Kisah Paulus dan Silas yang ditulis dalam Kisah Para Rasul 16 membuktikan bahwa ternyata ada orang yang masih bisa memuji Tuhan di tengah sel penjara yang mengerikan. 

Bukan hanya bernyanyi, tetapi keduanya berdoa dan memanjatkan ucapan syukur kepada Tuhan. Menariknya, tindakan ini justru mendatangkan mukjizat. Paulus dan Silas adalah pribadi yang benar-benar percaya sepenuhnya akan kuasa Tuhan. Karena itulah mereka tidak takut dengan kondisi yang mereka hadapi.

Apakah ada diantaranya yang sudah bisa Anda lakukan? Jika Ya, itu tandanya Anda sudah dewasa secara iman dan tak lagi gentar menghadapi banyak tantangan di depan bersama dengan Tuhan.

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami