Biar Anak Lebih Gampang Mengerti Soal Tritunggal, Lakukan Dengan 2 Tips Ini

Relationship / 29 May 2022

Kalangan Sendiri

Biar Anak Lebih Gampang Mengerti Soal Tritunggal, Lakukan Dengan 2 Tips Ini

Lori Official Writer
699

Tritunggal adalah sesuatu yang secara akal manusia akan sulit untuk dimengerti. Jadi gak heran saat kita akan menjelaskan hal ini kepada seorang anak, mereka pasti akan mengalami sesuatu yang agak sulit dipahami.

Nah, untuk menjelaskan konsep Tritunggal ini lebih sederhana kepada anak dengan 2 tips ini.

Jelaskan Dengan Air

Air (H2O) bisa bisa mendeskripsikan tentang Tuhan dengan cara yang unik. Seperti kita ketahui, air bisa memiliki tiga wujud yaitu es (padat), air mengalir (cair) dan uap (air yang menguap). 

Ketiga hal ini mengungkapkan bahwa wujud pertama adalah Bapa, kemudian Anak dan juga Roh Kudus. Di dalam Alkitab, Bapa adalah Allah, anak adalah Yesus dan Roh Kudus.

 

Jelaskan Dengan Warna

Objek lain yang bisa digunakan untuk menggambarkan Tritunggal adalah warna. Ambillah spidol berwarna merah, biru dan hijau. 

 

Baca Juga: Memahami Tritunggal Ternyata Mudah

 

Gambarkan lingkaran yang sama sebanyak tiga kali dengan warna masing-masing secara tumpang tindih. Warna-warna ini pastinya akan saling tumpang tindih dilingkaran yang sama. 

Jelaskan bahwa Tritunggal ibarat warna-warna tersebut. Pada kodratnya Tuhan itu merupakan tiga pribadi dalam satu yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Sampaikan dari kutipan Keluaran 8: 10, 9: 14, Ulangan 33: 26, Yeremia 10: 6-7. Dia adalah satu-satunya Tuhan yang benar dan hidup.

Ini 3 alasan mengapa menjelaskan Tritunggal harus dilakukan dengan ilustrasi.

1. Menyederhanakan akan membantu anak lebih mudah memahami di usianya yang masih belia.

Dengan menggunakan ilustrasi, kita bisa menjelaskan kepada anak dengan penjelasan yang bisa dipahami secara nalar. Hal ini masih menjadi pemahaman awal, namun akan sangat membantu anak untuk membuat mereka memahami istilah dari Tritunggal.

 

2. Membantu anak memahami imannya.

Menggambarkan tentang Tritunggal dengan ilustrasi sangat membantu anak untuk memahami iman mereka. Dengan itu mereka bisa bertumbuh secara pemahaman dan tahu bahwa ada sosok Bapa, Anak dan Roh Kudus di dalam konsep kekristenan.

 

Baca Juga: 5 Hal Tentang Roh Kudus yang Perlu Anda Ajarkan Pada Anak

 

3. Memahami Tuhan sebagai satu kesatuan.

Walaupun menjelaskan hal ini sulit, namun dengan objek atau ilustrasi bisa membantu anak untuk memahami bahwa sosok Tuhan itu adalah satu kesatuan. Tiga di dalam satu. Dengan penjelasan ini, anak bisa memperoleh pengetahuan bahwa ada Tuhan yang menjadi pusat dari alam semesta. 

Saat mengajarkan hal ini kepada anak, pastikan untuk mengajarkannya dengan perlahan dan sabar. Jika anak mengajukan beragam pertanyaan jelaskanlah dengan sabar.

Sumber : Churchleaders.com
Halaman :
1

Ikuti Kami