Memimpin Meski Bukan Pemimpin di Tempat Kerja, Lakukan 3 Cara Ini…

Finance / 18 May 2022

Kalangan Sendiri

Memimpin Meski Bukan Pemimpin di Tempat Kerja, Lakukan 3 Cara Ini…

Lori Official Writer
647

Berangkat kerja setiap hari bisa jadi rutinitas yang membosankan, penuh stress dan melelahkan. Entah Anda sebagai pemimpin maupun tidak, adalah baik untuk memiliki kemampuan untuk memimpin rekan-rekan kerja Anda dengan menghargai dan rasa hormat. 

Memang secara posisi Anda masih menjadi staff, tetapi jangan pernah menutup mata dengan berbagai kesempatan yang diberikan di kantor. Misalnya, ketika Anda dipilih untuk memimpin meeting, jadi PIC di event kantor, memimpin diskusi atau semacam pertemuan singkat di pagi hari. 

Jadi ketika kesempatan ini diberikan, itu adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kapasitas memimpin Anda. Lalu bagaimana caranya supaya Anda bisa memimpin dengan baik?

1. Memberi contoh

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan sisi kepemimpinan Anda adalah dengan memberikan contoh. Tunjukkanlah identitas Anda sebagai pribadi yang hidup di dalam kasih. Hal ini juga harus dibarengi dengan tindakan Anda, seperti bersikap peduli, baik dan penuh kasih kepada sesama rekan kerja.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.” (Kolose 3: 23-24)

 

Baca Juga: Ini Lho Sosok Pemimpin Idaman Karyawan

 

Memimpin dengan memberi contoh akan jauh lebih powerful dibandingkan ketika Anda hanya mengucapkannya dengan kata-kata. Karena itu diperlukan latihan dan kedisiplinan setiap hari untuk mau bertumbuh dan mencerminkan kasih Tuhan dalam hidup Anda dan dimanapun Anda berada.

 

2. Membangun hubungan yang akrab dan komunitas yang kuat 

Sekalipun Anda bukan pemimpin di struktur kantor, tetapi Anda bisa ambil bagian untuk membangun hubungan dan komunitas di sekitar Anda. Anda bisa mulai membangun rasa kebersamaan dan hubungan yang kuat dengan rekan kerja yang lain, menjadi yang paling aktif dalam menggerakkan sesuatu untuk kepentingan kantor. Dengan menjadi teman baik bagi rekan kerja Anda, Anda sudah dikatakan berhasil memimpin orang lain. 

Membangun hubungan yang akrab dan komunitas yang sehat bersama sesama rekan kerja menjadi faktor kunci bagi Anda untuk menunjukkan kapasitas kepemimpinan di dalam diri Anda.

 

Baca Juga: Menjadi Pemimpin yang Bijaksana dan Memiliki Tujuan Dalam Tim

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

3. Memiliki hati seorang hamba

Cara lain untuk memimpin meskipun Anda bukan seorang pemimpin di kantor adalah dengan menumbuhkan hati seorang hamba. Seperti disampaikan oleh Yesus bahwa sekalipun Dia adalah Tuhan namun Yesus datang untuk melayani dan bukan untuk dilayani. 

“Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Matius 20: 26-28)

Anda perlu memiliki karakter ini dalam diri Anda. Kita perlu memiliki kegemaran untuk selalu senang ketika mau melayani orang lain dengan sepenuh hati.

 

Baca Juga: Rindu Jadi Pemimpin Teladan, Yuk Belajar dari Nehemia

 

Menjadi Pemimpin di Masa Depan

Dengan menunjukkan 3 kapasitas kepemimpin di atas, Anda sedang menunjukkan cerminan Tuhan kepada rekan-rekan kerja Anda. Sekalipun Anda bukan pemimpin di kantor dan tampaknya Anda diabaikan atau tidak dipandang, namun firman Tuhan berkata bahwa Anda adalah seorang pemimpin setidaknya atas diri Anda sendiri dan juga orang-orang di sekitar Anda. 

Standar kepemimpinan dunia memang berbeda dengan kepemimpinan yang diajarkan Yesus. Karena itulah apapun posisi Anda saat ini, tetaplah membangun diri Anda dengan kualitas-kualitas yang dimiliki seorang pemimpin, terbukalah untuk berkembang dan meneladani kepemimpinan Kristus.

Sumber : iBelieve.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami