Resmikan Gereja di Bintaro, Mendagri Nyanyi You Raise Me Up

News / 15 May 2022

Kalangan Sendiri

Resmikan Gereja di Bintaro, Mendagri Nyanyi You Raise Me Up

daniel.tanamal Official Writer
728

Momen unik dan penuh kebersamaan terpancar saat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meresmikan renovasi Rumah Ibadah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bintaro-Jakarta, Minggu (22/05/2022). Tidak hanya memberikan sambutan dan cerita pengalaman penugasannya yang kerap berhubungan dengan gereja. Tito juga memberikan pujian persembahan lagu “You Raise Me Up”. 

Sontak jemaat yang hadir dibuat terkejut dan segera memberikan aplause meriah. “Saya sangat terhormat diundang sahabat saya, Bang Ara (Maruarar Sirait) bisa hadir meresmikan gereja ini. Saya awalnya tanya kenapa harus saya, apa nggak ada yang lain? Pak Ara lalu bilang dulu Pak Soeparjo Rustam (Mendagri 1983–1988) meresmikan GKI Bintaro, ya berarti saya cocok karena saya Mendagri sekarang. Tentu karena Bang Ara juga sahabat dekat saya,” ujarnya dalam sambutan.

Dalam peresmian ini Tito melakukan pukul gong sebagai simbolik dan memberi tandatangan untuk prasasti gereja, didampingi ketua panitia pembangunan renovasi gereja Maruarar Sirait, Pendeta Gomar Gultom (Ketum PGI), dan para pimpinan Majelis Jemaat GKI Bintaro-Jakarta. “Kita doakan Pak Tito untuk tetap berkarya untuk bangsa ini,” kata Ara.

Sementara itu, Pendeta Gomar Gultom yang memimpin khotbah, mengajak jemaat untuk selalu bersyukur dan bersukacita atas anugerah Tuhan yang terpancar melalui selesainya pembangunan renovasi gereja. “Senantiasalah bersyukur, kalau bisa menyelesaikan pembangunan gereja tetaplah bersyukur. Dengan bersyukurkita melihat anugerah Tuhan melalui pencapaian pembangunan. Dan kedua, kita menjadi rendah hati. Karena tanpaNya, semua tidak akan terjadi.”

Sekilas GKI Bintaro-Jakarta, diawali oleh persekutuan ibadah beberapa keluarga Kristiani di kompleks perumahan Departemen Sosial RI di Bintaro pada akhir 1960-an, atau awal tahun 1970-an. Dalam perjalanannya, terbentuk Badan Pelayanan GKI Pos Kebaktian Bintaro, dari GKI Kebayoran Baru. Pada 1982 GKI Bintaro-Jakarta mentahbiskan pendeta jemaat Totok Subiyanto, dengan disusul pembangunan sarana gedung pertemuan yang diberi nama ‘Kalpataru’, dan pembukaan Pos Kebaktian dibeberapa tempat.

(Daniel Tanamal)

 

Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami