5 Tanda Anak Kurang Kasih Sayang dan Perhatian Orang Tua

5 Tanda Anak Kurang Kasih Sayang dan Perhatian Orang Tua

Lori Official Writer
462

Superparents, apakah anak suka bertingkah seolah mereka mencari perhatian? Jangan-jangan anak sedang kurang kasih sayang dan perhatian.

Kasih sayang dan perhatian adalah dua hal yang dibutuhkan oleh anak untuk membuat dirinya merasa berharga. Tapi kondisi bisa saja membuat orang tua sulit untuk memenuhi kasih sayang dan perhatian sesuai kebutuhan anak. 

Apalagi bagi orang tua yang bekerja sepanjang hari, pastinya akan punya waktu terbatas bersama anak. Jika parents mau tahu apa saja tanda-tanda anak yang kurang kasih sayang dan perhatian, yuk cari tahu di sini.

1. Suka cari perhatian

Pernahkah anak melakukan hal yang membuat emosi parents? Entah mulai memukul-mukul meja, berteriak-teriak hingga cengeng? Ini bisa jadi pertanda dia sedang cari perhatian. Anak cenderung melakukannya karena ingin mendapat perhatian dari orang tuanya.

 

Baca Juga: Mengapa Tuhan Begitu Mengasihi Anak-anak? Ini Alasannya!

 

2. Suka meledak-ledak

Pernahkah anak tiba-tiba merengek tanpa sebab? Bahkan parents gak tahu kenapa anak tiba-tiba begitu. 

Anak yang kurang kasih sayang dan perhatian bisa mengalami emosi ini, sekalipun mereka bahkan tidak memahami apa yang mereka inginkan. Tetapi jauh di dalam hati mereka, mereka hanya ingin perhatian mama atau papanya. Mereka hanya ingin mendapatkan kasih sayang seperti dalam bentuk bujukan atau perlakuan manja yang sangat jarang mereka dapatkan.

 

3. Anak cenderung menutup diri

Masa kanak-kanak adalah masa dimana anak bertindak aktif dan gemar bergaul dengan orang lain. Tetapi kenapa anak moms cenderung pendiam dan menutup diri ya? 

Kurang kasih sayang dan perhatian ternyata bisa membuat anak berubah jadi pemurung dan menutup diri. Hal ini bisa jadi karena dia sudah terbiasa di rumah tanpa mengalami masa-masa bermain yang seru dengan orang tuanya.

 

Baca Juga: Anak Membutuhkan Seorang Pemimpin, Bukan Bodyguard

 

4. Perilaku tidak terkontrol

Inilah dampaknya jika anak tidak mendapat kasih sayang yang cukup dari orang tua. Disiplin dari orang tua itu penting karena itu adalah salah satu dari bentuk kasih sayang. Tetapi ketika orang tua tidak punya banyak waktu untuk anak, maka perilaku anak menjadi-jadi. Anak bisa berlaku tidak sopan, melakukan berbagai hal sesuka hati dan tidak mau mendengarkan orang tua.

 

5. Mudah tersinggung

Saat bermain dengan anak lain, apakah anak cenderung merasa sensitif atau mudah tersinggung? Anak bisa saja menunjukkan reaksi negatif yang merusak. 

 

Bagaimana Orang Tua Seharusnya Mengasuh Anak?

Yesus mengajarkan untuk menyambut (Matius 19: 14), melindungi (Matius 18: 6) dan melayani anak (Matius 10: 42)

Yesus sendiri menyampaikan bahwa sentuhan fisik menjadi salah satu bentuk kasih sayang, seperti disampaikan dalam Matius 19: 15, “Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.”

 

Baca Juga: Iblis Bisa Pakai Hal Ini Untuk Merusak Hubungan Anak Dengan Tuhan

 

Jadi Superparents merasa menemukan tanda-tanda di atas dalam diri anak, mulailah untuk menunjukkan kasih Anda melalui tindakan sehari-hari seperti memberikan sentuhan fisik (pelukan, menepuk pundak, mencium dan sebagainya), mengucapkan kata-kata yang baik dan positif, melayani anak dan bahkan memperkatakan firman Tuhan atas mereka. Percayalah bahwa mereka akan bertumbuh tanpa merasa kekurangan kasih sayang.

Sumber : Popmama | Christianity
Halaman :
1

Ikuti Kami