Bukan Hanya Diberkati, Bersiaplah Untuk Alami Ini Karena Kristus

Kata Alkitab / 4 May 2022

Bukan Hanya Diberkati, Bersiaplah Untuk Alami Ini Karena Kristus

Lori Official Writer
992

“Saudara-saudara yang kekasih, janganlah kamu heran akan nyala api siksaan yang datang kepadamu sebagai ujian, seolah-olah ada sesuatu yang luar biasa terjadi atas kamu. Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh kemuliaan, yaitu Roh Allah ada padamu.” (1 Petrus 4: 12-14)

“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.” (1 Petrus 5: 8-10)

 

Baca Juga: Menderita Karena Diperbudak Dosa? Yuk Merdeka Dengan 4 Cara Ini…

 

Apa Artinya Menderita Bagi Kristus?

Menderita bagi Kristus bisa menjadi akibat dari penganiayaan. Kita akan menghadapi pencobaan ketika kita berdiri teguh untuk nilai-nilai alkitabiah di zaman dimana dunia mulai kompromi terhadap kebenaran firman Tuhan. 

Bahkan di lingkungan gereja, muncul paham yang mulai menolak sebagian isi firman Tuhan demi bisa menjadi relevan dengan dunia. Hal inilah yang menjadi pengingat bagi orang percaya untuk tetap mendasarkan hidupnya di dalam kebenaran firman Tuhan, bukan hanya menerima bagian-bagian firman yang disukai atau dianggap memberkati saja. Karena hidup di dalam Kristus tidak menjanjikan hidup yang baik-baik saja tetapi justru selama kita hidup, kita akan mengalami beragam penganiayaan dan penderitaan ketika kita berdiri teguh di dalam kebenaran-Nya.

Penderitaan lain bisa muncul melalui kelemahan kita baik secara fisik, mental maupun emosional. Misalnya, Paulus mengalami beragam penderitaan. Dia berdoa tiga kali agar Tuhan menghilangkan penderitaan tersebut dari dalam hidupnya, tetapi Tuhan tampaknya mengizinkan Paulus mengalami penderitaan tersebut.

Melalui penderitaan itu Tuhan justru membuktikan kepada Paulus bahwa di dalam kelemahannya dia memperoleh kekuatan dari Tuhan. Penderitaan kita memberi kita kesempatan untuk tetap berpegang kepada Tuhan, bersandar kepada-Nya dan menyediakan tempat bagi Dia untuk menyatakan kuasa-Nya melalui kelemahan kita.

 

Baca Juga: Bekas Luka Dalam Hidupmu Adalah Cara Tuhan Menunjukkan KuasaNya

 

Kenapa Orang Kristen Perlu Menderita?

Penderitaan bisa dalam tiga bentuk yaitu keterbatasan fisik, bencana alam dan ulah manusia.

Yesus berkata dalam Yohanes 16: 33, “Semuanya itu kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Sebagai orang percaya, kita akan bertumbuh ketika kita menghadapi penderitaan. Kita belajar untuk menghadapi rasa frustrasi kita atas yang terjadi supaya kita mengalami pertumbuhan di dalam hati kita, memiliki ketekunan, iman dan harapan. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami