Cara Meresponi Pasangan yang sedang Mengalami Stress

Marriage / 3 May 2022

Cara Meresponi Pasangan yang sedang Mengalami Stress

Aprita L Ekanaru Official Writer
483

Di dalam sebuah pernikahan yang sehat, banyak hal-hal yang harus dikerjakan bersama-sama dengan pasangan. Baik Anda maupun pasangan Anda telah memiliki peran atau porsi masing-masing yang tentunya telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Namun di dalam prosesnya, seringkali kita menemukan hal-hal yang tidak ideal. Seperti, suami harus terkena PHK dan tidak memiliki pemasukan lagi atau seorang isteri yang lupa memasak makan malam karena ketiduran dan masih banyak hal lainnya.

 

BACA JUGA:

Renungkan 14 Ayat Alkitab yang Menguatkan dan Memotivasi Kehidupan Pernikahanmu!

 

Kadangkala, hal-hal yang tidak ideal atau diluar ekspektasi membuat kedua belah pihak merasa kecewa, bingung hingga mengalami stress. Bagaimana cara kita menangani stress dan meresponi saat pasangan kita sedang mengalami stress akan memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi pernikahan kita.

Bagaimana caranya bila hal ini terjadi? Mari kita coba ikuti langkah di bawah ini:

1. Mengakui dan memvalidasi perasaan pasangan

Ketika pasangan kita sedang mengalami stress, kita harus mengakui bahwa perasaan mereka penting meskipun kita tidak sepenuhnya mengerti apa yang sebenarnya dirasakan oleh pasangan kita. 

 

2. Sedikit berbicara dan lebih banyak mendengar

Saat pasangan kita stress, mereka lebih membutuhkan dukungan kita. Belajarlah mendengarkan dan meresponi dengan sesingkat dan sesederhana mungkin. Hindari untuk melontarkan respon menghakimi, setelah itu cobalah untuk memberikan empati sesering mungkin. Memberikan sentuhan fisik dan kontak mata dan perhatian penuh dari kita akan sangat membantu.

 

3. Tanyakan apakah ada yang bisa dilakukan untuk pasangan

Pertanyaan sederhana seperti "Apa yang bisa aku lakukan untukmu?" dapat membuat pasangan kita merasa kalau kita ada untuknya di masa sulitnya. 

 

4. Memberikan pasangan waktu untuk sendiri

Terkadang menghadapi pasangan yang sedang stress adalah dengan memberinya ketenangan dan merenung, maka dibutuhkan waktu untuk sendiri tanpa gangguan dari orang lain, termasuk kita sebagai pasangannya.

 

BACA JUGA:

7 Kalimat yang Ingin Suami Dengar dari Istri dan Anaknya, Supaya Dia Semangat!

 

5. Merawat diri

Menjaga dan merawat diri sendiri agar tetap sehat fisik dan mental, sehingga kita selalu siap untuk memberikan bantuan kepada pasangan kita saat dibutuhkan. Jika kondisi kesehatan dan mental kita tidak baik, bagaimana mungkin kita dapat menolong pasangan kita.

Sumber : JPCC Relationship
Halaman :
1

Ikuti Kami