Fakta Alkitab: Sejarah Pajak yang Ditulis Alkitab, Apakah Yesus Membayar Pajak?
Sumber: canva.com

Fakta Alkitab / 3 May 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Sejarah Pajak yang Ditulis Alkitab, Apakah Yesus Membayar Pajak?

Claudia Jessica Official Writer
5929

Yesus dan Pajak

Orang Israel melontarkan pertanyaan jebakan yang berpotensi membuat Yesus dihukum oleh Bangsa Romawi. Mereka bertanya pada Yesus apakah diperbolehkan membayar pajak pada kaisar Romawi atau tidak.

Jawaban Yesus cukup jelas bahwa warga negara harus membayar pajak pada pemerintahan yang berkuasa (Matius 22:21)

Yesus adalah teladan wajib pajak yang baik. Ia tidak hanya memenuhi kewajiban membayar pajak pada negara yang saat itu dikuasai Bangsa Romawi. Yesus juga membayar pajak atau bea Bait Allah (Matius 17:24-27. Yang menarik dari kisah ini, Petrus diminta Yesus memancing ikan dan mendapatkan koin untuk membayar pajak itu dari mulut ikan tersebut.

Pembayaran pajak Bait Allah merupakan Tuntutan Taurat yang masih dipegang oleh mayoritas Bangsa Yahudi. Semua orang yang berusia 20 tahun ke atas harus membayar setengah syikal atau dua dirham sebagai uang pendamaian atas dosa (Keluaran 30:11-16).

 

Yesus Membayar Pajak

Meskipun Yesus tidak mempunyai dosa apa pun yang harus ditebus, tapi Dia hadir di dunia sebagai manusia yang serupa dengan orang-orang berdosa. Oleh karena itu, pajak Bait Allah tetap harus dipenuhi oleh Yesus agar Dia tak jadi batu sandungan.

Kewajiban membayar pajak sebagai penerapan hukum kedua yang menjadi landasan seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi, yakni kasih terhadap sesama (Mat. 22:39). Karena pemerintah akan menggunakan pajak untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, yang adalah sesama kita.

Sehingga kewajiban membayar pajak menjadi salah satu jalan mempraktekkan kasih melalui sistem tata negara yang berlaku.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami