Cari Tahu 5 Kebutuhan Emosional yang Anda dan Pasangan Butuhkan

Cari Tahu 5 Kebutuhan Emosional yang Anda dan Pasangan Butuhkan

Aprita L Ekanaru Official Writer
262

Menjalani kehidupan yang bahagia dengan pasangan adalah hal yang didambakan oleh setiap orang. Jika disebut pasangan, artinya bukan hanya diri Anda sendiri yang ada di dalam sebuah hubungan. Oleh sebab itu Anda dan pasangan harus sama-sama saling mengisi dan juga memahami. 

Kendati telah menjadi pasangan pun, bukan berarti Anda tidak mendengarkan kebutuhan diri sendiri sebagai seorang individu. Selain membutuhkan waktu bersama dengan pasangan, Anda dan pasangan juga pasti pernah menginginkan waktu untuk sendiri.

 

BACA JUGA:

Bawa Sukacita ke dalam Pernikahanmu Dengan Efesus 5

 

Pelajari 5 kebutuhan emosional ini bersama pasangan Anda untuk saling memenuhi kebutuhan emosional masing-masing:

1. Afeksi dan otonomi

Afeksi adalah kebutuhan manusia untuk mendapatkan perlakuan hangat dari orang lain dalam bentuk kasih sayang dengan prinsip dasar perasaan untuk dicintai dengan unsur memberi dan menerima. Menurut penelitian, afeksi dapat mengembangkan perasaan positif pada kedua belah pihak dan dapat menjadikan hubungan Anda dan pasangan menjadi lebih baik.

Terlalu mengendalikan pasangan akan membuat hubungan menjadi lebih buruk dan akan menciptakan pola komunikasi yang tidak sehat. Biarkan pasangan memiliki hak untuk memilih keputusan-keputusannya sendiri.

 

2. Memiliki koneksi bersama dan ruang untuk diri sendiri

Lakukan hal-hal kecil agar Anda dan pasangan dapat saling terkoneksi satu sama lain, seperti mendengarkan saat pasangan berbicara, memberikan perhatian pada hal kecil, mengucapkan maaf dan terima kasih, saling memuji dan banyak hal lainnya. Namun jangan terlalu sibuk untuk saling terkoneksi dengan pasangan dan melupakan diri Anda sendiri, beri ruang untuk diri Anda sendiri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan hati Anda.

 

3. Empati dan diterima

Memahami dan ikut merasakan yang dialami oleh pasangan, serta menerima keberadaan pasangan apa adanya dapat membantu Anda menciptakan rasa saling memiliki dalam sebuah hubungan. Dengan demikian Anda dan pasangan juga dapat membangun ikatan yang lebih kuat satu sama lain.

 

4. Dijadikan prioritas

Banyak pasangan yang menginginkan dijadikan prioritas di hidup pasangannya. Merasa tidak diprioritaskan dapat menimbulkan banyak perasaan negatif seperti tidak dihargai sebagai pasangan. Jika sudah demikian, perbaiki hubungan dengan komunikasi agar hubungan tidak menjadi renggang.

 

5. Merasa aman dan dipercaya

Sebuah hubungan yang sehat dapat berjalan jika kedua belah pihak mendapatkan rasa aman. Rasa aman dalam sebuah hubungan memiliki banyak bentuk seperti, aman secara fisik, aman saat berbagi perasaan atau rahasia, mendukung keputusan yang diambilpasangan dan lain-lain.

Rasa aman beriringan dengan rasa percaya. Memberikan kepercayaan tidak bisa terjadi begitu saja, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika Anda dan pasangan bisa saling menjaga kepercayaan satu sama lain, maka hubungan Anda dan pasangan dapat menjadi semakin erat.

 

BACA JUGA:

Menjaga Keutuhan Rasa 'Percaya' Dalam Pernikahan, Mulailah Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

 

Ternyata kebutuhan emosional dengan pasangan sangatlah kompleks, dibutuhkan kerjasama kedua belah pihak untuk menjadikan upaya pemenuhan kebutuhan ini. Mari cek lagi, adakah yang belum Anda dan pasangan terapkan selama ini? Mana yang sudah ada di dalam pernikahan Anda, mana yang belum ada di pernikahan Anda.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami