Apa yang Harus Dilakukan Saat Kita Merasa Depresi?

Health / 29 April 2022

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kita Merasa Depresi?

Claudia Jessica Official Writer
475

Entah mengapa dan bagaimana, sebagian orang menganggap depresi sebagai suatu hal yang kotor. Akibatnya, banyak orang yang benar-benar depresi justru merasa malu dan melakukan penolakan terhadap kondisinya. Mereka merasa tidak ada lagi yang bisa membantu atau sekedar mendengarkan mereka.

Bahkan gereja pun melakukan hal yang tidak jauh berbeda. Alih-alih bersikap terbuka tentang depresi di gereja, kita cenderung merasa malu karena kesalahan atau dosa yang membuat kita merasa depresi. Faktanya, siapapun orangnya, terlepas dari apapun pekerjaan atau jabatan atau statusnya dapat merasakan depresi karena bagaimanapun juga kita masih manusia. Bahkan Yesus sendiri pernah merasakannya.

Lantas sebagai orang Kristen, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi depresi?

 

Carilah Tuhan

Mencari Tuhan, bukan berarti selama ini Anda tidak pernah mencari Tuhan untuk berjuang melawan depresi. Meski hal ini tampak sangat dasar, tetapi ini adalah hal yang pertama dan yang utama untuk kita lakukan (Matius 6:33). Beberapa orang yang pernah merasakan depresi mengaku bahwa mereka berhasil bangkit dari perasaan itu karena Tuhan.

 

Baca juga: Kesaksian Orang yang mengalami depresi

 

Bicaralah pada teman yang Anda Percaya

Bahkan Yesus sendiri melakukan hal ini. Dia mengungkapkan misi-Nya kepada orang lain dan berbagi rasa sakit-Nya kepada Bapa ketika Dia merasa ditinggalkan. Jika Yesus, Anak Allah, mencurahkan isi hati-Nya, dan merendahkan diri-Nya, Anda juga bisa melakukannya. Anda tidak bisa mengarahkan kapal tanpa bantuan orang lain. Beranikan diri Anda dan cobalah untuk berbicara pada teman, terapis, atau dokter keluarga.

 

Menyemangati diri sendiri

Cobalah baca firman Tuhan untuk menyemangati diri Anda sendiri. Ingatlah Anda adalah kepala, bukan ekor. Renungkan apa yang telah Tuhan lakukan untuk Anda di masa lalu.

“Aku yang meratap telah Kauubah menjadi orang yang menari-nari, kain kabungku telah Kaubuka, pinggangku Kauikat dengan sukacita,” (Mazmur 30:12).

 

BACA JUGA: 7 Mazmur untuk Melawan Rasa Depresi

 

Depresi atau keputusasaan muncul dari peristiwa kehidupan yang tidak bisa kita hindari, tetapi kita bisa membuatnya menjadi lebih mudah dengan jujur pada diri sendiri, dan Tuhan.

depresi.

Yesaya 50:7, “Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu.”

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami