Pakai Microwave Memang Praktis, Tapi Kamu Harus Berhati-hati Dengan 7 Hal Ini
Sumber: canva.com

Health / 28 April 2022

Kalangan Sendiri

Pakai Microwave Memang Praktis, Tapi Kamu Harus Berhati-hati Dengan 7 Hal Ini

Claudia Jessica Official Writer
2689

6. Jangan pernah mengoperasikan microwave dalam keadaan kosong

Microwave menggunakan gelombang mikro dari sebuah tabung elektronik untuk menghasilkan panas. Gelombang ini akan menyebar dan dipantulkan ke berbagai sisi oleh lempengan logam pada bagian dalam oven. Ketika ada makanan di dalamnya, gelombang mikro ini tidak akan memantul pada makanan dan akan menyerap gelombang mikro tersebut.

Ketika microwave dinyalakan dalam keadaan kosong, gelombang mikro akan terus memantul satu sama lain dan dapat menyebabkan apa yang ada di dalamnya jadi terbakar. Bahkan yang parahnya lagi, microwave berpotensi rusak atau bahkan meledak.

 

7. Jangan gunakan wadah plastik atau logam

Tidak semua jenis plastik dapat bertahan dalam suhu tinggi microwave. Beberapa di antaranya dapat meleleh atau meloloskan zat berbahaya bagi makanan. Maka dari itu, pastikan wadah plastik yang Anda gunakan bertulis “microwave safe.”

Selain plastik, Anda juga bisa menggunakan wadah kaca. Namun Anda harus berhati-hati karena wadah akan terasa panas. Jangan sekali-kali Anda menggunakan wadah logam karena berpotensi memunculkan percikan api.

 

Selain dari beberapa hal di atas, microwave memberikan Anda berbagai macam kemudahan dalam menghangatkan makanan. Hanya saja, Anda harus lebih memperhatikan bahan makanan apa saja yang tidak boleh dan boleh masuk ke dalam microwave. Hal ini bertujuan untuk mencegah gangguan kesehatan yang tidak diharapkan seperti keracunan makanan.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami