Elon Musk Beli Twitter, Warganet Menyayangkan Dia Tidak Melakukan Filantropi

News / 28 April 2022

Elon Musk Beli Twitter, Warganet Menyayangkan Dia Tidak Melakukan Filantropi

Contasia Christie Official Writer
508

Dunia baru-baru ini dihebohkan dengan kabar Elon Musk yang membeli Twitter. Sontak beberapa netizen mengomentari keputusan Elon ini dengan memberikan pernyataan sebagai bentuk kekecewaan mereka. Rata-rata dari mereka menyayangkan keputusan Elon Musk ini karena dengan uang yang dia miliki, bukankah lebih digunakan untuk filantropi saja. Dengan filantropi, lebih banyak orang yang terbantu.

Tapi apa sih sebenarnya filantropi itu sendiri? Lalu apa bedanya filantropi, CSR dan charity? Simak pembahasannya di bawah ini.

 

Arti filantropi

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), filantropi adalah cinta kasih (kedermawanan dan sebagainya) kepada sesama. Filantropi berasal dari dua kata Yunani ialah philos yang maksudnya cinta dan anthropos yang berarti manusia. Dengan begitu filantropi bermakna cinta pada sesama manusia dalam artian peduli pada keadaan manusia yang lain.

Tradisi filantropi ini sebetulnya telah ada semenjak era Yunani dan Romawi Kuno pada saat orang-orang menyumbangkan harta bendanya untuk perpustakaan serta pendidikan. Begitu pula di era Mesir Kuno, orang menyumbangkan tanahnya untuk dimanfaatkan para pemuka agama.

 

Perbedaan filantropi, CSR, dan charity

Filantropi ini memang mirip dengan corporate social responsibility (CSR), tapi sedikit berbeda karena jangkauannya lebih luas dan tidak terbatas pada core bisnis tertentu saja. Inilah yang membuat beberapa perusahaan atau orang membuat lembaga filantropi walaupun sudah memiliki kegiatan CSR, karena ingin mengembangkan kegiatan untuk membantu orang lain dengan lebih luas lagi.

 

Jika diklasifikasikan, inilah perbedaan dari ketiganya:

Filantropi

1. Sifatnya : Jangka Panjang dan berkelanjutan

2. Dampaknya : luas

3. Cara pemberian : Terorganisir dan terukur

4. Cakupannya : Lebih luas dan tidak terbatas

5. Pemberi : Yayasan/Lembaga/Organisasi/Perusahaan/Independen

Baca selanjutnya ---------------->

Sumber : dari berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami