3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya
Sumber: alateia

Kata Alkitab / 5 June 2023

Kalangan Sendiri

3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya

Lori Official Writer
10021

2. Mengalami Tuhan Secara Nyata

Memilih menepi lewat retret singkat bisa jadi momen bagi Anda untuk mengalami Tuhan secara nyata. Carilah wakah Tuhan, sama seperti yang dilakukan oleh Yesus di Taman Getsemani. Karena di saat-saat kita tersungkur dan bertelut di hadapan Tuhan disaat itulah Dia akan hadir. 

Tuhan bisa hadir lewat banyak cara, bisa dengan sukacita yang muncul di dalam hati Anda, bisa lewat suara dan bisa pula lewat setiap firman yang Anda baca.

Ambillah waktu untuk diam dalam keheningan. Izinkan Tuhan untuk berbicara dalam hati Anda dan dengarkanlah suara-Nya.

 

Baca Juga: Dimanakah Tuhan?

 

3. Kembali Dibaharui oleh Roh Kudus 

Masa-masa retret singkat bisa menjadi momen yang sangat mengubahkan. Yesus berhasil menghadapi rasa takut-Nya di detik-detik penyaliban setelah Dia berhadapan dengan Tuhan di Taman Getsemani.

Ada damai sejahtera dan kekuatan baru yang dialami Yesus dan hal yang sama juga akan kita alami ketika kita benar-benar mau menaruh beban hidup kita di bawah kaki-Nya.

Saya juga mengalami hal yang sama setiap kali saya mengikuti retret singkat dari pelayanan kami. Setelah mendekatkan diri dengan Tuhan dalam dua atau tiga hari, seketika beban hidup dan kecemasan yang saya hadapi sirna. Saya akhirnya kembali pulang dengan hati yang tenang dan berserah kepada Tuhan.

Saat-saat retret inilah yang membuat bejana kita kembali dipenuhi dengan api Roh Tuhan.

Apakah Anda, khususnya Anda yang belum pernah melakukannya, ingin sekali menjalani retret singkat seperti Yesus?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan retret ini. Tentunya Anda bisa memilih jenis tempat pengasingan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya di perkemahan, pantai, gunung, lereng gunung atau di hotel maupun penginapan yang jauh dari keramaian.

Pertama, Anda harus membuat perencanaan. Terutama jika Anda ingin pergi selama beberapa hari. 

Kedua, tentukan tujuan yang ingin Anda capai melalui retret ini. Apakah ada sesuatu yang spesifik yang Anda inginkan. Mintalah bimbingan dari Tuhan supaya Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan melalui retret ini.

Ketiga, lakukan persiapan semaksimal mungkin. Pastikan untuk membawa kebutuhan yang akan Anda gunakan, seperti Alkitab, buku jurnal, pena, headseat dan sebagainya.

 

Baca Juga: Adakan Retret, Para Uskup Katolik Roma Sedunia Justru Dapat Kecaman. Ini Alasannya!

 

Yesus sendiri, yang adalah Tuhan dan manusia, juga membutuhkan waktu menepi dari segala kesibukan dunia. Apalagi kita, yang hanya manusia biasa, yang kerap diperhadapkan dengan beragam kesibukan dunia yang menekan. Jika Anda benar-benar ingin memulihkan kondisi fisik dan emosional Anda, cobalah mengikuti retret singkat.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami