Dapat Menyerang di Usia Muda, Kenali 7 Gejala Diabetes Sejak Dini
Sumber: https://www.istockphoto.com/

Health / 18 April 2022

Kalangan Sendiri

Dapat Menyerang di Usia Muda, Kenali 7 Gejala Diabetes Sejak Dini

Aprita L Ekanaru Official Writer
4050

Diabetes dikenal sebagai salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Berdasarkan laporan International Diabetes Federation (IDF), ada 19,5 juta warga Indonesia berusia 20-79 tahun yang mengidap penyakit tersebut pada 2021. Hal ini membawa Indonesia menjadi negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar kelima di dunia.

Jika tidak ditangani dengan serius, diabetes dapat menimbulkan komplikasi dan gangguan lanjutan yang berakibat kerusakan pada organ penting lainnya di dalam tubuh. Seperti gangguan penglihatan, gangguan otak, gangguan jantung dan ginjal. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala diabetes sejak dini.

 

BACA JUGA:

Penderita Diabetes Wajib Jauhi 7 Jenis Makanan Ini!

Waspada Diabetes Anak! Orangtua Wajib Tahu Gejala Diabetes Pada Anak

Yuk kenali 7 gejala diabetes di bawah ini:

1. Frekuensi buang air kecil berlebih dan timbul rasa letih

Buang air kecil yang tiba-tiba meningkat bisa terjadi karena sel-sel di tubuh tidak mampu menyerap glukosa dengan baik, sehingga ginjal akan mencoba mengeluarkan glukosa sebanyak mungkin. Hal tersebut dapat membuat frekuensi buang air kecil meningkat dan tidak normal. Bahkan dapat mengganggu waktu tidur di malam hari karena harus terbangun beberapa kali untuk buang air kecil.

Kondisi ini dapat membuat tubuh penderita mengalami kelelahan karena cairan di dalam tubuh terbuang dengan sangat cepat karena meningkatnya frekuensi buang air yang tidak wajar.

 

2. Lebih mudah haus

Karena frekuensi buang air berlebih, maka tubuh akan kekurangan cairan. Tentu saja tubuh akan bereaksi dengan munculnya rasa haus berlebih. Kondisi ini akan memaksa penderita untuk mengisi kembali cairan yang hilang dengan meminum air lebih banyak. Kondisi ini juga merupakan reaksi tubuh ketika mengelola gula darah yang tinggi dalam tubuh. 

 

3. Penurunan berat badan yang tiba-tiba

Turunnya berat badan dalam rentan waktu yang cepat juga harus kamu waspadai. Kadar gula darah yang terlalu tinggi menyebabkan hormon insulin tidak mendapatkan glukosa untuk sel, sehingga gula yang seharusnya digunakan sebagai energi, malah memecah protein dari otot dan menjadikannya sumber alternatif bahan bakar. Apabila mengalami gejala ini, padahal Anda tidak sedang menjalani program diet atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda  patut waspada.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

4. Rasa lapar yang meningkat

Meskipun berat badan menurun, anehnya rasa lapar tetap muncul. Hal ini bisa menjadi pertanda jika kadar gula darah dalam tubuh menurun, sehingga tubuh mengira belum diberi makan. Reaksi yang terjadi adalah tubuh merasa lapar. Karena memang, tubuh membutuhkannya sebagai suplai glukosa untuk kebutuhan sel meskipun sebenarnya tubuh sudah mendapatkan asupan makanan.

 

5. Kulit menjadi gatal dan beberapa area kulit menggelap

Gejala lainnya yaitu rasa gatal pada kulit. Gejala ini muncul karena kulit mengering kekeringan. Di sisi lain, kandungan glukosa yang tinggi dalam urin membuat kulit mengalami pembengkakan dan gatal. Kondisi lain yang muncul di antaranya seperti kulit menggelap di sekitar leher atau ketiak.

 

6. Penglihatan terasa kabur

Diabetes bisa membuat komplikasi pada organ vital lainnya termasuk penglihatan. Kondisi ini bisa membuat penglihatan penderita terasa kabur. Hal tersebut sendiri terjadi karena pembuluh darah di area retina mata melemah.

 

7. Kesemutan atau mati rasa

Gangguan lain yang muncul yaitu kesemutan atau mati rasa di sekitar tangan dan kaki. Setelah itu, rasa sakit akan muncul dan diikuti rasa seperti terbakar. Tidak hanya itu saja, gejala akan dilanjutkan dengan terjadinya pembengkakan. Kondisi ini merupakan tanda terjadinya kerusakan saraf dari diabetes.

Pada dasarnya, diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Tentu saja, kunci utama dalam mencegah masalah ini adalah membatasi kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Tidak lupa, imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Sumber : Sayurbox
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami