Dapat Menyerang di Usia Muda, Kenali 7 Gejala Diabetes Sejak Dini
Sumber: https://www.istockphoto.com/

Health / 18 April 2022

Kalangan Sendiri

Dapat Menyerang di Usia Muda, Kenali 7 Gejala Diabetes Sejak Dini

Aprita L Ekanaru Official Writer
4115

4. Rasa lapar yang meningkat

Meskipun berat badan menurun, anehnya rasa lapar tetap muncul. Hal ini bisa menjadi pertanda jika kadar gula darah dalam tubuh menurun, sehingga tubuh mengira belum diberi makan. Reaksi yang terjadi adalah tubuh merasa lapar. Karena memang, tubuh membutuhkannya sebagai suplai glukosa untuk kebutuhan sel meskipun sebenarnya tubuh sudah mendapatkan asupan makanan.

 

5. Kulit menjadi gatal dan beberapa area kulit menggelap

Gejala lainnya yaitu rasa gatal pada kulit. Gejala ini muncul karena kulit mengering kekeringan. Di sisi lain, kandungan glukosa yang tinggi dalam urin membuat kulit mengalami pembengkakan dan gatal. Kondisi lain yang muncul di antaranya seperti kulit menggelap di sekitar leher atau ketiak.

 

6. Penglihatan terasa kabur

Diabetes bisa membuat komplikasi pada organ vital lainnya termasuk penglihatan. Kondisi ini bisa membuat penglihatan penderita terasa kabur. Hal tersebut sendiri terjadi karena pembuluh darah di area retina mata melemah.

 

7. Kesemutan atau mati rasa

Gangguan lain yang muncul yaitu kesemutan atau mati rasa di sekitar tangan dan kaki. Setelah itu, rasa sakit akan muncul dan diikuti rasa seperti terbakar. Tidak hanya itu saja, gejala akan dilanjutkan dengan terjadinya pembengkakan. Kondisi ini merupakan tanda terjadinya kerusakan saraf dari diabetes.

Pada dasarnya, diabetes terjadi karena tingginya kadar gula dalam darah. Tentu saja, kunci utama dalam mencegah masalah ini adalah membatasi kadar gula yang masuk ke dalam tubuh. Tidak lupa, imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur.

Sumber : Sayurbox
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami