Mengantisipasi Kanker Kulit, Kenali Benjolan di Tubuh Anda Sejak Dini

Health / 11 April 2022

Kalangan Sendiri

Mengantisipasi Kanker Kulit, Kenali Benjolan di Tubuh Anda Sejak Dini

Aprita L Ekanaru Official Writer
757

Dalam beberapa kasus, benjolan atau bengkak di kulit tidaklah berbahaya. Namun tidak menutup kemungkinan dapat menjadi sesuatu yang membutuhkan perhatian khusus, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengenali benjolan di kulit Anda. Bila dirasa berbahaya, Anda dapat segera memeriksakannya ke dokter.

Berikut adalah 6 jenis masalah benjolan di kulit yang perlu Anda waspadai, di bawah:

1. Papula

Papula merupakan jenis jerawat yang timbul di permukaan kulit, bentuknya seperti benjolan padat yang menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, kulit di sekitar benjolan akan tampak memerah, namun tidak bernanah seperti jerawat pada umumnya.

Popula muncul karena pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan juga bakteri. Obatnya banyak ditemui di toko obat, namun jika tidak berhasil Anda bisa langsung meminta resep dokter.

2. Skin tag atau daging tumbuh

Skin tag adalah daging yang muncul di permukaan kulit. Kondisi ini tidak berbahaya dan tidak menyebabkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda bisa menghilangkan skin tag dengan beberapa pengobatan medis, seperti cryotherapy, cauterization, hingga operasi pengangkatan. 

Sebaiknya hindari menghilangkan skin tag secara mandiri karena dapat memicu infeksi dan perdarahan.

3. Karsinoma sel basal

Jenis kanker kulit yang paling umum adalah karsinoma sel basal. Merupakan jenis kanker kulit non melanoma yang berkembang di lapisan kulit terluar. 

Menurut NHS, lebih dari 100.000 kasus baru kanker kulit non melanoma didiagnosis di Inggris setiap tahun.

Karsinoma sel basal biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang intens, lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita dan lebih sering terjadi pada orang tua. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan otot.

4. Melanoma

Jenis kanker kulit yang paling fatal. Gejalanya berupa pertumbuhan tak biasa atau perubahan pada tahi lalat yang ada. Melanoma dapat terjadi di mana saja pada tubuh.

Pengobatan mungkin melibatkan operasi, radiasi, obat-obatan, atau dalam beberapa kasus, kemoterapi.

5. Kerastosis Aktinik

Merupakan bercak kasar dan bersisik pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari selama bertahun-tahun.

Biasanya tidak berbahaya dan kadang hilang dengan sendirinya, namun bisa juga berkembang menjadi karsinoma penyebab kanker jika tidak ditangani.

6. Hemangioma

Hemangioma adalah suatu tumor jaringan lunak yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari 1 satu tahun. Biasanya Hemangioma sudah tampak sejak bayi dilahirkan atau muncul setelah beberapa minggu setelah kelahiran.

Jika seseorang memiliki beberapa hemangioma pada kulit, mereka berisiko tinggi untuk mengalami hemangioma internal, paling sering hati.

Sumber : Grid.id
Halaman :
1

Ikuti Kami