Dilarang Memaksa Anak 6 Hal Ini Agar Mereka Tidak Memberontak Saat Sudah Dewasa Nanti
Sumber: pexels

Parenting Superbook / 6 April 2022

Kalangan Sendiri

Dilarang Memaksa Anak 6 Hal Ini Agar Mereka Tidak Memberontak Saat Sudah Dewasa Nanti

Contasia Christie Official Writer
2659

4. Jangan memaksa anak untuk melakukan kegiatan yang tidak mereka gemari.

Siapa sih orang tua yang tidak ingin anaknya memiliki segudang talenta dan berprestasi? Terkadang orang tua yang tidak dapat menggapai cita- citanya saat muda, cenderung memaksakan anaknya untuk melakukan aktivitas impian mereka dahulu.

Hal ini malah memberikan tekanan kepada anak dan mereka bisa saja putus asa. Biarkan anak memilah aktivitas yang mereka gemari dan tetaplah memberikan penghargaan pada tiap upaya yang telah mereka jalani.

 

5. Jangan memaksa anak untuk makan.

Orang tua mungkin jengkel ya bila mendengar pendapat dari lingkungan sekitar tentang fisik anaknya, seperti sangat kurus. Anak juga paham jika mereka lapar dan kenyang, jadi Parents tidak perlu memaksakan mereka. Dengan memaksa mereka, anak akan merasa tidak berdaya dan sangat dikontrol orang tua.

Supaya anak nafsu makan sebenarnya triknya gampang. Tinggal bagaimana orang tua dapat mengreasikannya. Misalnya dengan membuat bento ataupun santapan kesukaan mereka. Parents bisa makan juga bersama dengan mereka supaya mereka merasa ditemani.

 

6. Jangan paksa anak berbagi.

Pastinya sebagai orang tua bahagia sekali jika anaknya murah hati serta suka berbagi. Tetapi jika Parents memaksa untuk meminjamkan mainan mereka kepada anak lain, akan membuat anak yang menerimanya merasa memiliki hak yang lebih tinggi dan mereka boleh menindas anak yang telah meminjamkan mainannya.

Kebalikannya mintalah mereka untuk bermain dengan bergantian secara adil. Ataupun Parents dapat mengarahkan anak untuk berlatih mengantri. Dengan mengantri, anak akan belajar ada hak- hak orang lain yang perlu kita hargai dan butuh kedisiplinan untuk menunggu giliran mereka.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami