Berbagai Makanan Paskah Khas Indonesia
Sumber: Merdeka.com

News / 6 April 2022

Kalangan Sendiri

Berbagai Makanan Paskah Khas Indonesia

Claudia Jessica Official Writer
3649

Setelah menjalankan masa pra Paskah beberapa waktu lalu seperti dengan serangkaian acara Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci akhirnya kemarin, Minggu Paskah (12/04/20) kita sudah merayakan momen paskah bersama.

Meskipun pada Paskah tahun ini hampir seluruh umat Kristen di Indonesia merayakannya secara online tidak seharusnya membuat kita kehilangan makna paskah itu sendiri.

Selain itu, tahukah kamu ada juga makanan Paskah khas Indonesia yang bisa kita nikmati?

 

1. Telur Paskah

Telur Paskah ini sudah sangat sering kita jumpai di setiap momen Paskah. Namun, apa sih yang membuat telur ini menjadi special? Berdasarkan filosofinya, telur ini digunakan sebagai symbol kubur Yesus yang telah kosong. Karenanya, setiap perayaan Paskah disarankan untuk memakai telur plastik dengan tujuannya sebagai presentasi sebagai kubur kosong yang membuktikan bahwa Yesus telah hidup dan Dia telah bangkit.

 

2. Kue Basah

Malam sebelum Yesus di salibkan, Yesus mengadakan perjamuan makan malam terakhir bersama dengan murid-muridNya. Serta juga mengadakan perjamuan kudus dengan roti dan anggur yang melambangkan darah dan dagingnya yang akan dikorbankan.

Seringkali dalam perayaan Paskah, orang Kristen memakan roti tanpa ragi dan minum air anggur. Hal ini membuat kue atau roti tanpa ragi dan juga anggur menjadi salah satu hidangan penting dalam perayaan Paskah.

 

3. Kue Kering

Makanan yang satu ini biasanya disajikan untuk orang-orang atau keluarga yang mungkin datang dan berkunjung ke rumah. Biasanya saat sedang berkumpul, sering terjadi tukar cerita orang-orang dewasa. Dalam hal ini, kue kering disajikan sebagai cemilan saja untuk menemani acara keluarga.

 

4. Permen

Selain permainan mencari atau menghias telur, anak-anak juga menyukai permen. Biasanya ada banyak kegiatan Paskah yang menyenangkan bagi anak-anak. Kamu bisa menggunakan permen sebagai hadiah dari permainan.

 

BACA JUGA: 7 Makanan Tradisional Paskah Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler Bombay…

 

5. Soto Ayam

Tidak ada makna khusus untuk sajian yang satu ini. Tapi, banyak orang memilih untuk menyajikan soto ayam sebagai hidangan rumahan ketika Paskah karena dianggap mudah untuk dibuat.

Tidak seperti negara-negara di dunia, perayaan Paskah di Indonesia memang bukan sesuatu yang besar. Dari lima makanan yang disebutkan di atas, tidak semua makanan bersifat wajib.

Hanya roti dan anggur untuk perjamuan yang melambangkan darah dan daging perngorbanan Yesus untuk menebus kita yang wajib. Jadi, apa makanan yang paling kamu sukai?

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami